Ratusan tenaga Kesehatan RSUD SIM Ikuti Pelatihan Penggunaan APAR Saat Terjadi Kebakaran

Daerah167 Dilihat

Nagan Raya (Aceh),  Metrozone.net – Ratusan tenaga Kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda (RSUD-SIM) yang terdiri dari Dokter, Perawat, Bidan dan Ners, mengikuti pelatihan Penggunaan APAR, simulasi evaluasi kebakaran dan simulasi evakuasi bencana Kamis 05/10/2023.

Kegiatan simulasi evaluasi kebakaran ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 04/10/2023 sampai tanggal 05/10/2023 dan dipimpin oleh Kepala Bidang pencegahan dan kesiapsiahaan BPBD Mualimi, didampingi Direktur RSUD SIM Drs. Cut Yuliza, KTU RSUD SIM Siddqi Abdul Rahman, anggota Damkar dan diikuti ratusan tenaga kesehatan RSUD SIM.

Direktur RSUD SIM Drs. Cut Yuliza mengatakan kegiatan ini guna meningkatan kapasitas tenaga kesehatan khususnya dalam penggunaan alat pemadam api ringan (APAR).

“Tenaga kesehatan Medis perlu dibekali keterampilan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) guna pencegahan dini musibah kebakaran.

“Selain mendapat perbekalan terkait penanggulangan kebakaran para tenaga kesehatan juga dilatih soal penyelamatan pasien di saat musibah kebakaran terjadi,” jelas Cut Yuliza

Sementara itu kepala Bidang pencegahan dan kesiapsiahaan BPBD Mualimi dan Dalam pemaparannya menjelaskan kondisi alat pemadam ringan yang siap untuk dipakai, cara penggunaan hingga perawatan APAR yang benar.

“Kunci utama dari penanggulangan kebakaran adalah tetap tenang dan tidak usah panik, fokus pada pemadaman api dan memperhatikan kondisi sekitar.”, jelas Mualimi.

Para Peserta pelatihan pun mengikuti simulasi pemadaman kebakaran di belakang halaman RSUD SIM dengan praktek pemadaman menggunakan APAR dan karung kain yang telah di basakan dengan Air.

Simulasi dilakukan sesuai langkah-langkah yang telah disampaikan selama materi dan ratusan Tenaga kesehatan RSUD SIM ikut andil dalam simulasi yang diharapkan dapat diterapkan apabila terjadi kebakaran pungkasnya.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *