Pj Bupati dan Ketua Dekranasda di Peusijuk di Replika Pelaminan Kerajaan Beutong di anjungan PKA Nagan Raya

Berita172 Dilihat

BANDA ACEH (Metrozone.net)Setelah mengikuti acara seremoni pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA)-8 di Panggung Utama, Taman Sulthanah Shafiatuddin, Kota Banda Aceh, Sabtu (4/11) malam, Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S,Sos.,M.Si, langsung menuju anjungan kabupaten tersebut.

Sesaat tiba di anjungan, Fitriany Farhas yang didampingi Pj Ketua Dekranasda Nagan Raya, Nasruddin, SSTP.,MSi, disambut dengan adat peusijuek (tepung tawar). Sekda Ardimartha dan perwakilan DPRK serta sejumlah unsur lainnya menepungtawari keduanya.

Pj Bupati bersama Pj Ketua Dekranasda saat peusijuek didaulat duduk di replika pelaminan Kerajaan Beutong tempo dulu.

Usai prosesi peusijuek Pj Bupati Fitriany Farhas langsung mengecek semua perlengkapan yang dipamerkan di anjungan, seperti, Al-Qur’an kuno, beberapa asesoris rencong yang terbuat dari batu giok dan berbagai benda budaya lainnya di anjungan tersebut.

Fitriany Farhas meminta kepada panitia yang bertugas di anjungan untuk menjawab setiap pertanyaan pengunjung yang datang.

“Tolong panitia nanti untuk dijawab pertanyaan pengunjung yang datang dari berbagai daerah ke anjungan kita,” pintanya.

Dari amatan berdasarkan absensi malam pembukaan ratusan pengunjung memadati dan terlihat sangat antusias menyaksikan berbagai benda budaya di anjungan kabupaten penghasil giok tersebut. (*)

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *