Penampilan Kesenian Bloeh Apui dari Aceh Barat Menarik Perhatian Penonton di arena PKA

Berita131 Dilihat

Banda Aceh (Metrozone.net) – Kegiatan kesenian Bloeh Apui Sanggar Seni Budaya Laksamana Leukeun dari Kabupaten Aceh Barat berhasil membuat penonton terkagum histeris dalam penampilan spektakuler mereka malam ini. Rabu (8/11/2023).

Acara yang diadakan di kompleks Taman Budaya Kota Banda Aceh berhasil menarik perhatian masyarakat setempat dan pengunjung dari luar daerah.

Salah satu penonton Fia (23) mengatakan, “Saya terpesona oleh keindahan gerakan Rapa ie begitu anggun dan ekspresif. Saya benar-benar kagum dengan pemain, apalagi ada atraksi berjalan diatas bara api yang panas, ini adalah salah satu pertunjukan yang takkan pernah saya lupakan.” Ucapnya

Kegiatan kesenian Bloeh Apui ini merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya lokal kepada masyarakat luas.

Diharapkan kegiatan serupa akan terus digelar guna memperkuat apresiasi terhadap seni dan budaya tradisional.

Sekretaris Sanggar Seni Budaya Laksamana Leukeun, Mukhsin, menyatakan kebanggaannya atas partisipasi dalam PKA ke-8.

Sanggar seni yang terbentuk sejak tanggal 27 Agustus 1994 ini didirikan oleh Tgk. Mazni tidak hanya menjadi bagian penting acara tersebut, tetapi juga telah meramaikan berbagai event besar sebelumnya, termasuk Pekan Kebudayaan Aceh sebelumnya dan perayaan eksibisi lainnya.

Dalam pementasan yang penuh semangat, para penari berhasil menghadirkan aksi menegangkan dengan menari di atas bara api tanpa alas kaki.

Meskipun menarik, penonton diingatkan untuk tidak meniru aksi tersebut karena memerlukan keahlian dan keberanian yang hanya dimiliki oleh seniman yang profesional.

Tak hanya terpaku pada acara besar, kelompok seni ini juga sering mengisi acara-acara pesta, resepsi, seremonial, dan pameran UMKM di wilayah Aceh.

Dengan demikian, keberadaan kesenian Bloeh Apui tidak hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan budaya warga Aceh.

Aksi panggung mereka tidak diragukan lagi dalam bermain bara api, terlihat dari catatan sejarah sanggar mereka, telah berkali-kali tampil dalam penghelatan akbar di bidang kesenian dan budaya, berikut beberapa aksi mereka yang pernah tampil di berbagai acara.

Pekan Kebudayaan Kebudayaan Aceh (PKA) Tahun 2004 di Kota Banda Aceh
Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-5 (lima) Tahun 2009 di Kota Banda Aceh
Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-6 (enam) Tahun 2013 di Kota Banda Aceh
Pekan Kebudayaan Aceh Barat (PKAB) Tahun 2014 di Kota Meulaboh
Pekan Kebudayaan Aceh Barat (PKAB) Tahun 2016 di Kota Meulaboh
Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 (tujuh) Tahun 2018 di Kota Banda Aceh
Malam Perayaan HUT RI ke 77 Tahun 2022 di Kecamatan Samatiga
Festival Pesona Barat Selatan Tahun 2022 di Tapak Tuan
Pameran UMKM Provinsi Aceh Tahun 2023 di Kota Meulaboh.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *