Pemkab Nagan Raya Launching Gerakan edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa

Blog87 Dilihat

Suka Makmue, Metrozone.net – Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas AP, S,Sos., M.Si melaunching Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius) tahun 2023 di halaman Sekolah Dasar (SD) Cot Mee, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya, Rabu (18/10/2023).

Pada kesempatan itu, Fitriany mengatakan, pangan merupakan kebutuhan paling mendasar bagi kelangsungan hidup manusia, sehingga pemerintah mempunyai kewajiban memenuhi pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan.

“Salah satu kelompok sasaran yang perlu mendapatkan perhatian untuk penanganan rawan pangan dan gizi adalah anak usia sekolah yang pada tahun 2045 memasuki usia produktif,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan launching gerakan edukasi dan pemberian pangan bergizi untuk siswa merupakan upaya pemerintah untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia menuju generasi emas tahun 2045.

“Tujuan dari genius ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan siswa SD tentang pangan bergizi,” kata Fitriany.

Sebagaimana diketahui pentingnya manfaat protein hewani dalam memenuhi kebutuhan gizi, maka pemberian pangan bergizi pada gerakan edukasi pemberian pangan bergizi untuk siswa (genius) ini diharapkan mampu menambah sumber protein hewani.

“Sehingga ke depan dapat membentuk generasi siswa yang sehat, kuat dan cerdas yang pada hari ini di berikan secara bertahap berupa kudapan yang jenis dan bentuknya sudah mengandung gizi serta dapat mengundang selera anak-anak untuk semangat makan makanan yang sehat dan bergizi,” jelas Fitriany.

Di akhir pidatonya, Fitriany mengharapkan agar berbagai komponen untuk berpartisipasi mendukung kegiatan Genius terutama para guru dan wali murid serta masyarakat.

Edukasi gizi ini telah diberikan oleh tim Asosiasi Intitusi Pendididikan Gizi Indonesia (AIPGI) dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Prodi Gizi Universitas Teuku Umar (UTU) kepada siswa-siswi SD dan orang tua siswa.

“Melalui kegiatan ini saya berharap agar dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pangan dan gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia dini,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Panga,n Azman, S.Hut melaporkan, kegiatan Genius ini dilakukan di 10 provinsi dan 50 kabupaten/kota se-Indonesia. Di Aceh, kegiatan launching dan pemberian kudapan ini dilaksanakan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Jaya, Aceh Besar dan Kota Madya Banda Aceh.

“Sasaran penyelenggaraan Genius ini adalah 25 ribu siswa SD se-Indonesia. Kabupaten Nagan Raya sendiri mendapatkan alokasi sebanyak 500 siswa SD, yang meliputi 3 sekolah dasar yaitu SD Negeri Cot mee sebanyak 171 siswa, SD Negeri Arongan sebanyak 151 siswa dan SD Negeri Kuala Baro 178 siswa,” jelas Azman.

Kudapan atau makanan ringan ini diberikan kepada siswa sebanyak 20 kali persiswa selama 2 bulan (diberikan 2 hari sekali).

Pada Acara launching itu juga ditampilkan Tarian Ranup Lampuan, serta tarian kreasi oleh anak-anak SD Cot mee. Usai melaunching Genius ini, Pj Bupati juga mengecek kebersihan setiap kelas di SD Cot Mee.

Turut hadir sejumlah kepala SKPK, Tim Asosiasi Gizi dari Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Forkopimcam Tadu Raya, Komite Sekolah SD Cot Mee, serta undangan lainnya.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *