Lomba Boh Gaca Semarakkan PKA Ke-8 di Meusium Aceh.

Berita188 Dilihat

Banda Aceh (Metrozone.net) – Sejak hari Selasa lalu, kompleks museum Aceh kota Banda Aceh menjadi saksi dari semaraknya adat budaya Aceh Lomba Boh Gaca dalam kegiatan PKA Ke-8 yang diikuti oleh 23 kabupaten/kota ini menghadirkan kekayaan budaya dan seni rupa Aceh dalam kategori Festival Adat Budaya.

Feriani, SE, Kabid Putro Phang MAA Kabupaten Aceh Barat, yang juga bertindak sebagai pendamping peserta Lomba Boh Gaca, mengungkapkan paduan motif rempah rempah tersebut pertama kali dilakukan oleh timnya hanya di PKA Ke-8 ini dan berharap bisa membawa kemenangan nanti nya.

“Motif ini sudah dikombinasi dengan tema rempah, biasanya kita sering menggunakan motif Aceh pada pengantin maupun acara adat lainnya”.

Selama dua hari terakhir, para peserta dari berbagai daerah telah menunjukkan kepiawaian dan kreativitas mereka dalam menghadirkan ragam motif dan desain yang khas.

Kegiatan lomba dimulai dari Jam 09:00 hingga 16:00 WIB sore nanti, semangat peserta dan antusiasme penonton berhasil menciptakan suasana keakraban yang hangat di antara keramaian festival adat ini.

Dengan berakhirnya Lomba Boh Gaca pada hari ini, semangat dan kecintaan terhadap warisan budaya Aceh semakin terjaga.

Acara ini menjadi panggung yang memperlihatkan keindahan dan keanekaragaman budaya Indonesia, khususnya dari ranah Aceh yang kaya akan sejarah dan tradisi.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *