Seni Tutur (Seumapa) dan Tari Seudati Asal Nagan Raya Kembali Raih Juara di PKA ke-8

Berita131 Dilihat

Banda Aceh, (Metrozone.net) – Dua kesenian tradisional asal Nagan Raya meraih juara, yakni Seni Tutur (Seumapa) memperoleh juara harapan II dan Seudati meraih juara II.

Kedua group kesenian tersebut, dinobatkan sebagai juara Penyaji Terbaik di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 yang berlangsung di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh, Rabu (08/11/2023) malam.

Saat tampil, kedua group seni itu dinilai berhasil memukau ribuan penonton di panggung arena PKA tersebut.

Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Nagan Raya, Faisal A Qubsy, ST, mengatakan seni merupakan bagian khasanah dari para leluhur Aceh khususnya Nagan Raya.

“Hal ini penting untuk kita jaga serta betul – betul harus dipahami untuk menjaga akan budaya yang kita lestarikan sampai ke anak cucu kita nanti,” ungkap Faisal

Faisal menjelaskan, kedua pertunjukan seni itu dibawah koordinator Safari Rusli dengan nama sanggar Raja Wali.

“Untuk Tari Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Seudati dipimpin oleh Syeh Jamali dan Syeh Teuku Bustami sedangkan Seni Tutur atau Seumapa di pimpin oleh Syeh Imbismi dan di apit Ibnu Hajar,” kata Faisal

Kepada para tim dan peserta, Ketua DKA itu, mengucapkan terima kasih yang telah tampil maksimal sehingga dapat meraih juara.

“Apresiasi kepada peserta walaupun dengan serba keterbatasan yang ada masih bisa membawa nama Nagan Raya menjadi yang terbaik,” ucap Faisal

Ia berharap, kedepannya untuk tetap menjaga kekompakan tidak ada mis komunikasi dan daerah punya rasa memiliki.

“Semoga dengan adanya semua unsur ini kedepan dapat membawa daerah kita lebih baik lagi terutama dalam bidang kesenian,” pungkasnya

Sementara itu, Ketua II PKA ke-8 Kabupaten Nagan Raya, Fariky, SE.,M.Si memberikan apresiasi kepada DKA Kabupaten Nagan Raya yang selama ini telah berperan aktif memberikan pembinaan terhadap seni budaya.

“Terima kasih saya ucapkan untuk DKA Nagan Raya, telah berperan aktif memberikan pembinaan terhadap seni budaya, sehingga telah tampil maksimal dalam ajang PKA tersebut,” pungkas Fariky, Kadisbudparpora Kabupaten Nagan Raya.

Ia juga menuturkan, karena telah berhasil meraih juara sebagai penyaji terbaik, kedua group seni itu, berhak mendapatkan uang pembinaan dari panitia pelaksana kegiatan PKA-8 masing-masing sebesar Rp. 7 juta. (*)

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *