Seni Tutur (Seumapa) Nagan Raya tampil memukau di Panggung Arena Taman Budaya Aceh

Berita150 Dilihat

Banda Aceh (Metrozone.net) – Di Ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8, Seni Tutur (Seumapa) dari Kabupaten Nagan Raya tampil memukau di Panggung Arena Taman Budaya Aceh (TBA), Senin (6/11/2023) malam.

Ketua Bidang Lomba Kesenian, Rahmattullah, SSTP.,MSi, mengatakan, penampilan Seumapa di Panggung Arena TBA cukup menghibur.

Menurutnya, Seni Seumapa yang telah ada sejak dulu hingga sekarang masih tetap eksis ditengah-tengah masyarakat Aceh.

“Di Aceh, termasuk di Nagan Raya seni tutur Seumapa ini dilangsungkan, antara lain pada pesta adat perkawinan,” sebut Rahmattullah yang juga Kepala Bappeda Nagan Raya.

Ia berharap, semoga penampilan Nagan Raya di kategori lomba kesenian Seumapa kiranya dapat menambah perolehan piala bagi kontingen Nagan Raya di ajang PKA-8 tahun 2023 ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Nagan Raya, Faisal A Qubsy, ST, mengatakan, seni tutur adalah bentuk kesenian yang disajikan menggunakan lisan atau kata-kata, biasanya berupa
berbalas pantun pada adat perkawinan dan lain sebagainya.

“Untuk Kabupaten Nagan Raya sendiri seni tutur yang ditampilkan adalah Seumapa,” kata Faisal yang didampingi Dewan Pakar DKA Nagan Raya, Drs Said Bukhari dilokasi acara.

Menurutnya, Seumapa adalah kesenian berbalas pantun menggunakan bahasa Aceh seperti syair yang biasanya dilakukan antara pihak Lintoe dan pihak Dara baroe (Peresmian Perkawinan Aceh) sebelum masuk ke rumah.

“Kabupaten Nagan Raya sendiri mendapatkan nomor urut 7 saat tampil pada jam 20.30 tadi, dengan durasi waktu yang disediakan panyelenggara selama 20 menit,” ujar Ketua DKA.

Dengan nama peserta yang tampil yaitu Syeh Yusni dan Syeh Gadong (Bustanuddin).

Saat penampilannya, Syeh Yusni dan Syeh Gadong disambut tepuk tangan meriah dari para penonton yang hadir didepan panggung utama tersebut.

Faisal menambahkan, untuk seni tutur sendiri, sesuai jadwal dari panitia pelaksana di mulai pada hari Senin dan Selasa 6-7 November 2023, yang di ikuti 21 dari 23 kabupaten/kota se Aceh.

“Harapan saya, semoga seni tutur Seumapa Kabupaten Nagan Raya mendapat juara dalam ajang ini,” harap Faisal.

Sebelumnya, pada pukul 15.00 WIB dipanggung Kesenian Anjungan Kabupaten Nagan Rata juga diadakan penampilan Rapa’i Saman dari Sanggar Bintang Barona.(*)

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *