Pemkab Nagan Raya Gelar Rakor dan Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah, Madrasah dan Dayah Tahun 2023

Daerah227 Dilihat

Suka Makmue (Metrozone.net) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah, Madrasah dan Dayah (UKS/M/D) Kabupaten Nagan Raya Tahun 2023.

Kegiatan tersebut dibuka Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP, S,Sos., M.Si diwakili Asisten Administrasi Umum, Bambang Surya Bakti SE, berlangsung di Aula Setdakab, Kompleks perkantoran Suka Makmue, Kamis (26/10/2023).

Saat membuka acara Rakor, Bambang menyebutkan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menyamakan persepsi sesama Tim Pembina UKS/M/D Kabupaten Nagan Raya dalam melaksanakan tugas pembinaan dan pengembangan UKS/M/D secara terpadu dan terkoordinasi baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

“Tim ini dibentuk untuk melaksanakan program UKS/M/D yang berkedudukan di sekolah, madrasah dan dayah,” kata Bambang.

Menurutnya, sekolah, madrasah dan dayah yang sehat dilaksanakan melalui trias UKS/M/D yang terdiri dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat.

“Pelaksanaan trias UKS/M/D hanya akan dapat berjalan baik jika didukung dengan manajemen UKS/M/D, meliputi kebijakan, perencanaan, anggaran, peningkatan kapasitas, koordinasi dan monitoring evaluasi serta pelaporan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setdakab Nagan Raya, Zulfiratmi, ST dalam laporannya menyampaikan dasar hukum pelaksanaan rakor mengacu pada Peraturan Bersama 4 Menteri Tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Menteri Agama Republik Indonesia, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya TP-UKS/M/S di tingkat kecamatan yang lebih baik lagi, karena TP-UKS/M/S kecamatan merupakan ujung tombak pelaksanaan dan implementasi Trias UKS,” sebut Zulfiratmi.

Adapun pesertanya sendiri, lanjut Kabag Kesra itu, berjumlah 50 orang yang terdiri dari Kasi KIA pada kecamatan, Kepala UPTD Pendidikan, Kepala UPTD Puskesmas serta perwakilan Kepala SD/MI/SMP/MTS setiap kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya.

Kegiatan itu dilanjutkan pemaparan materi oleh Ichwanul Fitri. Nst, S.Ag, M.Kes yang merupakan narasumber dari Provinsi Aceh dan sesi tanya jawab serta tindak lanjut pembinaan UKS/M/D.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Kesehatan, Hj. Siti Zaidar, S.ST., MKM, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan, Perwakilan Kantor Kemenag Kabupaten Nagan Raya, Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Nagan Raya, dan undangan lainnya

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *