Pemerintah Alokasikan Rp 1,32 Triliun Relokasi Penduduk Rempang

Daerah1119 Dilihat

Metrozone.net, Batam

Pemerintah melalui BP Batam dan Pemko Batam akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,32 triliun untuk merelokasi penduduk Rempang ke kawasan baru yang letaknya 5 km dari Sembulang, Kota Batam.

Dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (31/8/2023), bahwa relokasi atau pemindahan penduduk itu nantinya berada di Kelurahan Sijantung Pulau Galang dengan luas sekitar 470 hektar.

Tidak hanya itu, pemerintah juga menyediakan tempat untuk bercocok tanam dan beternak, lokasinya berada di pesisir.

Akses jalan penghubung direncanakan juga akan di bangun jalan 2 jalur.

Tidak hanya jalan penghubung, fasilitas lainnya seperti sekolah TK sampai SMA, posyandu, kantor polisi, kantor Koramil, kantor BPK, pasar, dermaga dan alat tangkap ikan, pemakaman umum (TPU), terminal bis, gedung serbaguna, kantor Camat, puskesmas dan tempat ibadah mesjid dan Gereja, serta lapangan sepak bola.

Adapun hunian juga akan dibangun pemerintah berupa rumah type 45 senilai Rp 120 juta di atas lahan seluas 500 m² per kavling dan juga menggratiskan HGB dan sertifikat rumah tersebut.

Kepala BP Batam/Walikota Batam H.Muhammad Rudi mengatakan

Kami akan memperhatikan kesejahteraan warga yang terdampak. Ada 2600 kepala keluarga yang tersebar di 16 kampung di Kelurahan Sembulang dan Rempang Cate, fokus utama pemerintah ialah memberikan kesempatan yang lebih bagi masyarakat dalam beraktivitas sebagai nelayan tetap menjadi prioritas dalam upaya ini untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan yang berkelanjutan. Ujarnya

(Hans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *