Partai Buruh Tanggapi Bentrok Masyarakat Rempang Dengan Aparat Keamanan

Berita, Daerah1633 Dilihat

Metrozone.net, Batam-

Partai Buruh menanggapi kejadian bentrokan antara masyarakat Rempang dengan aparat keamanan, Sabtu (9/9/2023).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Khusus (Katimsus) Exco Pusat Partai Buruh Said Salahudin saat menjadi pembicara Bimtek Partai Buruh di Batam.

Menurut Said, standing position Partai Buruh adalah keadilan. Kami berdiri dimana ada ketidakadilan, itu prinsipnya.

Said mengatakan, terhadap kasus Rempang, tentu kami harus mempelajari secara lebih detail permasalahan yang di hadapi oleh masyarakat. Sepanjang ada ketidakadilan maka tanpa harus diminta pun Partai Buruh akan hadir, karena kami dilahirkan memang untuk membantu rakyat kecil.

“Sebelum kami mengetahui status masyarakat adat disana, apakah mereka kesatuan masyarakat hukum adat atau bukan, apakah ada prinsip-prinsip tentang hak konstitusional dan hak asasi manusia yang dilanggar disitu, maka kami belum bisa menentukan bentuk advokasinya,” kata Said.

Tapi yang jelas, ujar Said, sepanjang ada ketidakadilan, Partai Buruh dipastikan akan hadir di semua tempat, termasuk di masyarakat Rempang ini.

Lebih lanjut, kata Said, tim kami dari Provinsi, Kabupaten Kota, itu akan mendalami kembali dan kami bermain dalam wilayah dimana ketidakadilan itu ada. “Jadi tidak kepada kasus konkretnya, tapi kepada bentuk-bentuk advokasi apa saja yang bisa kita lakukan untuk masyarakat di Rempang,” jelas Said.

Said juga berharap kepada pemerintah bahwa masyarakat itu harus di anggap sebagai subjek, jangan hanya sebagai objek. Apa yang sudah ada di Rempang dalam kurun waktu sekian tahun, sekian puluh tahun, harus dilihat asal usulnya. Apabila Rempang termasuk bagian dari kesatuan masyarakat hukum adat maka undang-undang dasar mengingatkan bahwa negara harus mengakui dan menghormati keberadaan kesatuan masyarakat hukum adat.

Said menambahkan, hak untuk bertempat tinggal, memilih tempat tinggal adalah jaminan dari konstitusi. Oleh sebab itu, kata Said, terhadap hak-hak masyarakat tersebut harus menjadi perhatian dari BP Batam dan juga instansi pemerintah terkait.

“Kami Partai Buruh mendukung sepenuhnya semua program-program pembangunan, apalagi yang menyangkut program strategis nasional, tentu kami mendukung, tetapi pada saat yang bersamaan, kami juga ingin memastikan bahwa ada keadilan disitu, itu yang paling utama,” tutup Said.

(Hans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *