Jelang Libur Lebaran, Pemkab Banyuwangi Instruksikan Pengelola Wisata Untuk Berbenah dan Berinovasi

Daerah10 Dilihat

Banyuwangi,- Menjelang libur Lebaran 2024, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bergerak cepat mempersiapkan sejumlah destinasi wisata untuk menyambut para pemudik dan wisatawan.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menginstruksikan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, pengelola wisata, dan UMKM terkait untuk berbenah dan berinovasi. Tujuannya, untuk menghadirkan pengalaman wisata yang berbeda dan menarik bagi pengunjung.

“Melalui Dinas kebudayaan dan pariwisata destinasi pariwisata dan UMKM kami minta berbenah dan berinovasi. Sehingga orang datang ke Banyuwangi ini mendapat nuansa berbeda dibanding tahun sebelumnya,” kata Bupati Ipuk, Senin (1/4/2024).

Bupati Ipuk menekankan pentingnya inovasi dalam menarik minat wisatawan. Selain itu, faktor keamanan dan keselamatan juga menjadi prioritas utama.

Pasalnya, mengingat cuaca saat ini memasuki masa peralihan musim, pengelola wisata dihimbau untuk mempersiapkan mitigasi bencana hadapi cuaca ekstrem.

“Destinasi wisata berbasis alam dan laut harus lebih sigap. Perhatikan faktor kebersihan dan kerapian agar pengunjung tetap nyaman,” tambah Ipuk.

Dengan persiapan matang, Ipuk optimistis jumlah kunjungan wisatawan ke Banyuwangi akan kembali seperti sebelum pandemi Covid-19. Program B-Fest yang variatif dan International Tour de Banyuwangi diharapkan mampu mendongkrak angka kunjungan.

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Ainur Rofiq menjelaskan, pihaknya telah menindaklanjuti instruksi Bupati dengan mengadakan pertemuan bersama pengelola wisata.

Dalam pertemuan tersebut, membahas rencana pengelolaan dan pengadaan event menarik di salah satu destinasi wisata.

“Kantong parkir dan mitigasi bencana menjadi fokus utama dalam persiapan menyambut musim penghujan dan Lebaran tahun ini,” ucap Rofiq.

Diharapkan dengan adanya destinasi wisata bersolek dan berinovasi, selain dapat menjadi magnet wisatawan, juga meningkatkan perputaran perekonomian di Banyuwangi selama pekan Hari Raya Idul Fitri.

Pewarta: Team/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *