Bupati Imron Minta Sub PPKBD Terus Tekan Angka Stunting

Berita, Daerah1171 Dilihat

Metrozone.net, Cirebon,-

Ratusan Sub Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dari 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Cirebon bagian barat, mengikuti kegiatan silaturahmi dan pembinaan Sub PPKBD, di GOR Kecamatan Palimanan, Kamis (14/9/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag beserta Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A).

Menurut Imron, Sub PPKBD mempunyai peran yang sangat penting dalam menekan angka stunting di Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu, Imron berharap peran Sub PPKBD terus ditingkatkan.

“Terus tekan angka stunting, kalau bisa, sampai tidak ada lagi,” ujar Imron.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A), Eni Suhaeni menuturkan, bahwa Sub PPKBD merupakan garda terdepan dalam penanganan stunting di Kabupaten Cirebon.

Karena menurut Eni, Sub PPKBD merupakan aktor utama yang melakukan pendampingan terhadap para calon pengantin, ibu hamil ataupun di 1000 hari kelahiran pertama. Langkah-langkah tersebut untuk mencegah terjadinya stunting.

“Jadi, Sub PPKBD berperan untuk mencegah terjadinya stunting,” kata Eni.

Eni menuturkan, bahwa ada sebanyak 400 Sub PPKBD yang hadir dalam kegiatan pembinaan dan silaturahmi tersebut. Sedangkan total jumlah Sub PPKBD di Kabupaten Cirebon saat ini, yaitu terdapat sekitar 2.000 Sub PPKBD yang membantu tugas dari Dinas PPKBP3A.

Selain membantu mengendalikan jumlah penduduk, Sub PPKBD juga berperan untuk mendampingi keluarga beresiko stunting.

Dengan adanya kegiatan silaturahmi ini, berharap seluruh Sub PPKBD termotivasi untuk lebih meningkatkan perannya, karena mendapatkan apresiasi secara langsung dari Bupati Cirebon.

“Tadi Pak Bupati juga memberikan arahan dan sekaligus berdialog dengan Sub PPKBD yang hadir,” lanjut Eni.

(Didi.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *