Wakili Pj Bupati, Sekda Nagan Raya Presentasi Keterbukaan Informasi Publik di hadapan Tim Penilai KIA

Daerah298 Dilihat

Banda Aceh (Metrozone.net) – Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, SSos.,MSi, diwakili Sekda Ir H Ardimartha, menyampaikan presentasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Aula Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosan) Aceh, di Banda Aceh, Rabu (1/11/2023).

Presentasi pimpinan badan publik tersebut sebagai bagian dari tahapan monitoring dan evaluasi badan publik oleh Komisi Informasi Aceh (KIA).

Sekda Ardimartha didampingi
Kadis Kominfotik, Drs Said Amri dan Kabid PLIP Diskominfotik, Tamtawi SE MSi, memaparkan materi mengenai inovasi dan strategi pengelolaan layanan informasi publik selama tahun 2022.

“Tim penilai memberi waktu selama 15 menit untuk menyampaikan materi,” kata Sekda.

Lanjutnya, tim penilai juga meminta pihaknya menayangkan video berdurasi 3 menit yang memuat inovasi dan strategi yang telah dilakukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan badan publik.

“Selain itu, tim penilai juga mengajukan sejumlah pertanyaan dalam sesi tanya jawab,” ujar Sekda.

Sebelumnya, Ketua
KIA, Ahmad Fauzi melalui surat nomor 075.d./KIA/X/2023 tanggal 12 Oktober 2023 menyampaikan perihal pemberitahuan jadwal presentasi yang ditujukan kepada bupati/walikota.

Dalam suratnya ia menyatakan menindaklanjuti rangkaian tahapan evalusasi keterbukaan informasi badan publik tahun 2023, dimana Nagan Raya berhasil masuk pada tahapan presentasi oleh pimpinan badan publik.

“Presentasi dilakukan dihadapan tim penilai yang terdiri dari Komisioner KIA dan tenaga ahli yang terdiri dari para profesional dalam hal KIP,” sebut Ahmad Fauzi.

Menurutnya, inovasi yang disampaikan berupa pengembangan inovasi digital dan non digital terkait layanan KIP.

Sedangkan strategi, yaitu perencanaan pengembangan keterbukaan informasi 2024 yang meliputi program atau kebijakan (regulasi) dan penganggaran, serta strategi sosialisasi penyebarluasan informasi publik.

Kadis Kominfotik Nagan Raya, Drs Said Amri, selaku PPID utama mengungkapkan, dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Aceh, Nagan Raya masuk tahapan presentasi.

Sesuai surat KIA, katanya, dari 23 kabupaten/kota hanya 13 daerah yang masuk tahap presentasi, salah satunya adalah Kabupaten Nagan Raya.

Ia optimis tahun ini Nagan Raya bisa kembali meraih peringkat tertinggi seperti tahun lalu, yaitu peringkat informatif.

“Harapannya, mudah-mudahan Nagan Nagan Raya bisa meraih kembali peringkat informatif,” tutup Said Amri. (*)

( Almanudar )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *