Sosok Deri Darmawan Caleg DPRA Dapil 10 Partai Nasdem “Ini Dia Perjalanan Karirnya”

Politik519 Dilihat

ACEH BARAT – Siapa yang tidak kenal dengan Deri Darmawan, sosok yang saat ini dipopulerkan oleh masyarakat dan kalangan Pemuda di Aceh Barat yang diidam-idamkan bisa terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) di Dapil 10 melalui Partai Nasional Demokrat (Nasdem) nomor urut 9 di Pemilu legislatif tahun 2024.

Dimata masyarakat, Ir. Deri Darmawan, M.Si di nilai sebagai sosok akademisi yang sangat bersahaja dan santun. Beliau merupakan putra Woyla salah satu daerah di pelosok Aceh Barat.

Di kalangan Pemuda Aceh Barat sosok Deri Darmawan tidak asing lagi karena beliau punya gagasan dan ide yang sangat disenangi oleh Pemuda dan beliau juga sosial dalam bermasyarakat serta sangat dekat berbagai OKP dan LSM yang ada di Barat Selatan Aceh

Dari rekam jejak Riwayat Hidup yang diperoleh media ini, Deri Darmawan lahir di paya lumpat kecamatan Samatiga tepatnya 28 Januari 1989 yang lalu (sekarang berusia 34 tahun), sekarang berdomisili di Gampong Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat.

Dari riwayat pendidikan, Deri Darmawan menamatkan pendidikan MIN Drien Rampak tahun 2000, selanjutnya menempuh pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Ulum tamat tahun 2003 dan selanjutnya menempuh pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta Ruhul Islam Anak Bangsa Tamat tahun 2006.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Jalur Pendidikan Agama Deri Dermawan kuliah di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU dan selesai pada tahun 2012

Selesai menempuh pendidikan S1 di UTU, Deri Darmawan mengikuti pendidikan program pasca Sarjana Magister Pengelolaan Pesisir Terpadu Unsyiah selesai pada tahun 2018 dan berhak menyandang gelar M.Si

Tak sampai disitu pria yang akrab disapa Deri ini mengikuti pendidikan Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Unsyiah tamat tahun 2022, dan kini beliau berhak menyandang gelar secara lengkap Ir. Deri Darmawan, M.Si.

Disamping itu, Deri Darmawan juga pernah mengikuti Kursus/Diklat seperti peserta kursus computer tingkat Word & Excel yang diselenggarakan oleh NGO “Plane’te Urgense Cerfies that, juga sebagai peserta pendidikan paket windows LIMCIM dan LPCTK Meulaboh.

Selain itu suami dari Ns.Habibon, S.Kep ini juga aktif diberbagai organisasi seperti anggota Ikatan Siswa Kader Dakwah (Kader Dasar) periode 2003 dan Ikatan Siswa Kader Dakwah ( Kader Menengah) periode 2008, juga tercatat sebagai anggota forum komunikasi generasi muda (FK Gemab) Aceh Barat tahun 2006, selanjutnya beliau juga dipercayakan sebagai sekretaris Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) UTU 2006/2007.

Sejumlah karir lainnya, Deri Darmawan dipercayakan sebagai wakil ketua DPD Garda Pemuda Partai Nasdem Aceh Barat 2015 s/d 2019, dan berlanjut tahun 2020 s/d 2021. Ketua Ikatan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU periode 2017 s/d 2023.

Riwayat pekerjaan, Ayah dari Muhammad Debian Akfath, Muhammad Habib Elwi dan Mikhayla Azzahra ini pernah mengabdi sebagai guru tidak tetap SMK Samatiga tahun 2008-2012, Uru tidak tetap pada SMK Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya 2012-2015, Dosen tidak tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU 2012-2015, tenaga pendamping Program Pengembangan Kawasan Pesisir Tangguh (PKPT) Kementrian Kelautan dan Perikanan Aceh Barat tahun 2015-2016, Direktur Perusahaan Pengadaan Barang dan Jasa dengan PT Absolut Graha Compeni dan CV. Graha Mandiri tahun 2017-sekarang.

Selanjutnya Deri Darmawan juga aktif kegiatan kemasyarakatan yakni sebagai sekretaris Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Mesjid Agung Baitul Makmur 2017-2023, dan sejumlah kegiatan kemasyarakatan lainnya diembannya.

Atas segudang karir dan prestasi ini, Ir. Deri Darmawan, M.Si mencalonkan diri sebagai anggota DPRA dari Dapil 10 Partai Nasdem nomor urut 9 ingin membuat perobahan terutama dibidang keagamaan yang sangat kental dibumi serambi Mekkah Aceh ini, disamping juga ingin menampung banyaknya aspirasi dari pemuda dan masyarakat khususnya di wilayah Dapil 10 yang sampai saat ini belum terakomodir secara maksimal dan diperlukan adanya wakil rakyat yang mampuni memperjuangkan dikursi parlemen, kata Ir. Deri Darmawan, M.Si yang disampaikan kepada media ini, Sabtu (18/11-2023)

Deri Darmawan menambahkan dirinya selama ini melihat berbagai perkembangan yang terjadi di masyarakat khususnya di Barat Selatan Aceh belum berjalan maksimal sebagaimana harapan masyarakat, jelasnya

“Saya mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRA adalah murni atas panggilan hati nurani, sebab banyak aspirasi terutama dibidang kepemudaan yang belum terakomodir dan insyaallah bila Allah SWT berkehendak dan mendapat dukungan dari masyarakat khususnya di Dapil 10 bila terpilih sebagai anggota DPRA saya sudah siap untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat dan pemuda ini, ungkap Deri Darmawan.

Sementara itu, salah seorang tokoh Aceh Barat T. Ediman Saputra, SH memang sangat diharapkan agar Deri Darmawan terpilih karena sosok beliau memang sangat diidam-idamkan terutama pemuda di Aceh Barat khususnya dan Barat Selatan Aceh umumnya, karena melihat rekam jejak beliau dianggap mampu punya skil yang khusus dan juga pengalaman dan karir beliau selama banyak berkiprah di masyarakat sebagaimana kita dari daftar riwayat hidupnya

Saya mengajak kepada masyarakat dan Pemuda di Aceh Barat khususnya dan Dapil 10 umumnya mari kita dukung dan pilih Deri Darmawan dari Partai Nasdem nomor urut 9 dapat duduk dikursi parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) nantinya, karena kita perlu wakil rakyat orang yang cerdas dalam melakukan lobi dan sebagai jembatan penyampaian aspirasi masyarakat, tutup Ediman

Penulis : Almanudar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *