Pj Bupati Mahdi Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Berita, Daerah510 Dilihat

MEULABOH, Metrozone.net. I Penjabat Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, di Halaman Kantor Bupati Aceh Barat, Minggu (1/10/2023).

Upacara yang digelar sejak pukul 08.00 WIB itu berlangsung khidmat dan diikuti oleh jajaran ASN di Pemkab Aceh Barat dan para undangan lainnya.

Mahdi mengatakan, Hari kesaktian Pancasila ini diperingati setiap 1 Oktober untuk mengenang pahlawan Revolusi yang gugur di Lubang Buaya pada 30 September 1965 lalu, dan berdasarkan surat dari Kemendikbud nomor : 31328/MPK.F/TU.02.03/2023, Peringtan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”

Lebih lanjut Mahdi menjelaskan, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, semua elemen bangsa membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ikrar pada upacara ini dibacakan oleh Ketua DPRK Kabupaten Aceh Barat Samsi Barmi dan naskah UUD 1945 dibacakan oleh Said Azmi. Turut hadir pada agenda tersebut Danrem 012 Teuku Umar Unsur Forkopimda dan para kepala Dinas/Badan dan kantor dilingkup Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat beserta para ASN yang diperkirakan mencapai 600 orang.

“Bagi bangsa Indonesia, kata Mahdi, Pancasila merupakan ideologi dan pandangan hidup. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya harus menjadi landasan moral dalam berpikir, bersikap, berperilaku, serta menjiwai dalam kehidupan sehari-hari,” tandas Mahdi.

Usai upacara, Bupati dan Forkopimda menyerahkan piagam penghargaan Penilaian Kepatuhan Standar Pelayan Publik oleh Omsbudman RI kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Puskesmas Samatiga, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Puskesmas Drien Rampak, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan serta Dinas Pendidikan dan Kebudayan.

Kemudian Pj Bupati Aceh Barat juga menyerahkan Bantuan Kursi Roda Celebral Palcy dan kursi roda biasa untuk disabilitas dan lansia, serta penyerahan Bungong Jaroe kepada salahsatu Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia Almarhum Bapak Teuku Syamsudin yang diterima Oleh ahli waris Teuku Faisal yang merupakan Camat Woyla.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *