Kendala Anggaran tak Menyurutkan Upaya Pemkab Aceh Barat Maksimalkan Persiapan Pemilu 2024

Politik459 Dilihat

MEULABOH ( Metrozone.net) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat telah mengambil langkah-langkah serius untuk memastikan suksesnya Pemilu tahun 2024.

Salah satunya adalah melalui kesiapan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satlinmas dengan menyiapkan personil sebanyak 963 orang. Persiapan ini meliputi pelatihan, peningkatan kapasitas, dan simulasi pemilihan.

Sekretaris Satpol PP dan WH Dedi Mulianda mengatakan, baru-baru ini terdapat pemberitaan yang tidak sepenuhnya akurat pada salah satu media online terkait tugas Satlinmas di Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Dedi menyatakan bahwa dari jumlah personil Satlinmas yang telah disiapkan, sebanyak 963 orang telah dikirimkan datanya ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat untuk dijadikan Pam TPS. “Namun, kebutuhan total personil Pam TPS sebanyak 1.278 orang, dan terdapat kekurangan anggaran di KIP setempat untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” ujarnya

Dalam surat resmi dari Ketua KIP Aceh Barat, yang diterima pada tanggal 30 Januari, disampaikan bahwa kebutuhan personil penertiban TPS harus segera terpenuhi. Namun, permintaan dukungan untuk honorarium Linmas kecamatan juga tidak dapat dianggarkan karena keterbatasan dana.

Lebih lanjut, dedi mengatakan Pj Bupati Aceh Barat memberikan dukungan penuh untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, namun terkendala secara teknis dalam penganggaran untuk pengadaan baju Satlinmas dan honorarium Linmas. Waktu yang tersisa kurang dari 8 hari kerja tidak memungkinkan untuk pengadaan barang dan jasa, sebutnya.

Dedi juga sangat menyayangkan pemberitaan yang menyebutkan bahwa Linmas yang bertugas di Pam TPS tidak berseragam, karena hal ini tidak benar. Mereka menekankan bahwa dukungan mereka terhadap Pemilu ini sangat besar, dan persiapan untuk Pilkada juga menjadi yang tertinggi kedua di Aceh.

Namun, kata dedi, pihaknya merasa kurang adanya koordinasi awal dari penyelenggara pemilu, yang tidak memberikan informasi yang cukup jelas mengenai persiapan yang dibutuhkan. Meskipun pemerintah telah mendapat informasi bahwa pendanaan pemilu sepenuhnya dibiayai oleh APBN, mereka merasa kurang siap karena kurangnya koordinasi yang memadai, tegasnya.

Ia menegaskan, Pemerintah Aceh Barat berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk memastikan suksesnya Pemilu 2024, meski terkendala oleh beberapa permasalahan anggaran yang harus segera diselesaikan, pungkasnya.

Pewarta : AlmanudarĀ 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *