Ini Capaian Prestasi Fitriany Farhas Selama Satu Tahun Menjabat Pj Bupati Nagan Raya

ADV72 Dilihat

Suka Makmue, Metrozone.net – Sejak dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya pada tanggal 11 Oktober 2022 lalu, Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si telah mengukir berbagai perolehan penghargaan, baik di tingkat daerah maupun capaian prestasi tingkat nasional.

“Selama 1 tahun ini, Alhamdulillah angka stunting, kemiskinan ekstrem serta inflasi di Nagan Raya berhasil kita turunkan. Tentunya hal ini tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi berbagai pihak dalam membangun Nagan Raya,” kata Fitriany, Rabu (4/10/2023).

Fokus untuk ke depan menurut Fitriany adalah menyukseskan agenda pemilu tahun 2024 serta melanjutkan pembangunan berbagai sektor di Kabupaten Nagan Raya terutama yang selama ini menjadi aspirasi masyarakat.

Selama ini diketahui, Fitriany juga getol melakukan blusukan secara langsung ke masyarakat, tujuannya untuk mendengar keluh kesah dan menyerap aspirasi warganya untuk dapat dijadikan rujukan Pemkab Nagan Raya dalam membangun daerah.

“Mari bangkit menuju Nagan Raya bereh (beres/berhasil),” ujar Fitriany.

Atas kinerja yang baik dengan terobosan dan program positif yang dilakukan itu, sosok yang bersahaja dan bersahabat dengan masyarakat juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak, tidak terkecuali warga Kabupaten Nagan Raya. Bahkan, warga meminta agar Kemendagri RI dapat memperpanjang SK jabatan Fitriany Farhas sebagai Pj Bupati Nagan Raya.

Berikut rangkuman berbagai program yang telah berhasil dijalankan Fitriany Farhas selama satu tahun sejak menjabat sebagai Pj Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh.

1. Persentase kasus stunting dari 17,2 persen tahun 2021 menurun menjadi 10,4 persen tahun 2022 dan hingga bulan Agustus 2023 turun lagi menjadi 7 persen.

2. Kemiskinan ekstrem di Nagan Raya mencapai 5,39 persen, kemudian pada tahun 2022 menurun menjadi 3,63 persen, selanjutnya di tahun 2023 diproyeksikan mengalami penurunan menjadi 1,87 persen.

3. Tingkat inflasi di Kabupaten Nagan Raya pada bulan Agustus tahun 2021 tercatat 2,23 persen dan naik menjadi 6,86 persen pada bulan yang sama tahun 2022, sementara hingga Agustus 2023 tingkat inflasi turun menjadi 2,17 persen.

4. Alokasi Dana Desa untuk penangangan Kemiskinan Ektrem, Stunting dan Ketahanan Pangan sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Nagan Raya Nomor 8 Tahun 2023.

5. Penyaluran Bantuan Sosial Rp 4,79 Miliar kepada anak yatim, penyandang disabilitas, masyarakat kurang mampu, santri dan mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

6. Modal Usaha untuk warga miskin Rp 3,86 Miliar.

7. Dana CSR Meningkat Rp 18,48 Miliar dari 24 perusahaan di Nagan Raya.

8. Bantuan dari Gubernur Aceh Sebesar Rp 10 Miliar untuk kelanjutan pembangunan Masjid Giok.

9. Pemerintah pusat membantu dana sebesar Rp 46,7 miliar dana tahun 2023, untuk pembangunan dan pengaspalan jalan lintas Alue Bata-Kuala Tadu, Nagan Raya yang diperkirakan sepanjang 21,5 kilometer.

10. Pembangunan Tower BTS untuk layanan internet 4G bagi masyarakat di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang.

11. Bantuan Logistik Bencana dari Kementerian Sosial.

12. Pemkab Nagan Raya memperoleh mobil uji KIR dari Kemenhub RI melalui Balai Pengelola Transportasi Wilayah I Aceh.

13. Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan yang dipergunakan untuk memberikan penerangan pada jalan di malam hari.

14. Harga gabah kering di Kabupaten Nagan Raya mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Jika biasanya harga habah sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 800 per kunca atau setara dengan 180 kilogram, saat ini harga gabah kering menjadi Rp 1.100.000 hingga Rp 1.250.000 per kunca.

15. Selama kepemimpinan Fitriany Farhas, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit juga normal bahkan terjadi peningkatan. Saat ini, harga tampung TBS sawit antara Rp 1.980–Rp 2.030 per kilogram (kg).

16. Pemkab Nagan Raya dinilai berhasil mengantisipasi kelangkaan pupuk bersubsidi pemerintah untuk petani. Saat ini, alokasi subsidi pupuk urea dari pemerintah mencapai sebanyak 2.997 ton, dan pupuk NPK sebanyak 5.692 ton.

17. Quick respon aduan warga, selain melalui media sosial (Facebook, Instagram dan X), Fitriany Farhas menerima aduan masyarakat melalui aplikasi SP4N LAPOR! dan aplikasi Omni Communication Assistant (OCA).

18. Program Pro Nelayan, dengan mengusulkan kebutuhan nelayan ke pemerintah pusat serta pembangunan SPBN, hal ini agar kebutuhan BBM jenis solar subsidi dari pemerintah bisa terpenuhi dan tercukupi.

19. Program Pro Petani, Bantuan Alsintan berupa berupa traktor dan hand traktor Senilai Rp2,2 Miliar dan bantuan benih padi dari Kementerian Pertanian RI sebanyak 105.350 kg serta penanaman jagung hibrida seluas 100 hektare yang dananya bersumber dari APBN.

20. Program Ramah Anak, diantaranya dengan mengaktifkan berbagai sarana sebagai tempat edukasi anak selain pendidikan di lingkungan sekolah.

21. Untuk menyiapkan lapangan kerja bagi masyarakat Kabupaten Nagan Raya, Fitriany Farhas juga telah melakukan pemograman kerjasama antara SMK dan perusahaan.

22. Pemkab Nagan Raya juga membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi di Nagan Raya, namun dengan tetap melakukan audiensi bersama dengan masyarakat serta membuat pakta integritas untuk membuka peluang warga lokal untuk bekerja.

23. Batik Reubong Giok Nagan Raya telah mendapatkan surat pencatatan ciptaan dari Kementerian Hukam dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sesuai dengan sertifikat Nomor EC00202378890, 8 September 2023.

24. ASN lebih disiplin dengan menerapkan absensi wajah.

25. Peningkatan layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda (RSU-SIM) dan Puskesmas.

26. Wujudkan lingkungan bersih dan asri di Kompleks Perkantoran Suka Makmue melalui gotong royong bersama.

27. Peningkatan mutu pendidikan untuk pelajar dan tenaga kependidikan seperti mengaktifkan PAUD Narakids, kerja sama dan penandatanganan MoU antara SMK dan perusahaan yang tersebar dalam Kabupaten Nagan Raya serta telah melaksanakan pelatihan digitalisasi pembelajaran untuk tenaga pendidik tingkat SD dan SMP.

28. Peningkatan UMKM melalui berbagai kegiatan seperti UMKM Rameune Nagan Raya Expo, Ramadhan Fair dan kegiatan lainnya.

29. Pembentangan Bendera Raksasa dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI di destinasi wisata Bendungan Irigasi Jeuram, Kecamatan Beutong.

Penghargaan dan Inovasi

– Penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 15 kali berturut-turut dari BPK RI.

– Penghargaan dan Peningkatan Status Predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Pratama ke Madya dari Kementerian PPPA RI

– Penghargaan Kabupaten/kota Bebas Frambusia dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

– Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023 dari BPJS Kesehatan.

– Anugerah Pesona Indonesia (API Award) kategori souvenir Batu Giok.

– Anugerah Pesona Indonesia (API Award) kategori Budaya Rateb Meseukat.

– Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 dengan Kualifikasi Informatif.

– Penghargaan Predikat Kepatuhan Pelayanan Publik Tahun 2022 dari Ombudsman Republik Indonesia.

– Juara II lomba Inovasi Teknologi Teat Guna (TTG) XXIV tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023.

– Penghargaan Anugerah TIMES Indonesia (ATI) 2022 sebagai Women of The Year Provinsi Aceh.

– Penghargaan dari BIMC Media untuk kategori Pj Bupati Terbaik dalam Merespon Aspirasi Masyarakat.

– Inovasi aplikasi E-Sapa untuk Meningkatkan Kedisiplinan Tenaga Kependidikan.

– Inovasi Aplikasi Omni Communication Assistant (OCA) untuk pengaduan masyarakat.

– Inovasi membuka pengaduan melalui platform media sosial Facebook, Instagram, dan X.

– Penerimaan Hak Paten Batik Motif Reubong Giok Nagan Raya.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *