Ijen Marching Festival (IMF) Ke-1 tahun 2023 Banyuwangi, di Ikuti oleh 32 unit, dari 5 Kabupaten Jawa Timur

Berita640 Dilihat

Banyuwangi,- Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Banyuwangi, bertepatan dengan hari sumpah pemuda  28 Oktober, dengan menggelar Ijen Marching Festival (IMF) Ke-1. Festival marching band yang digelar selama dua hari, tanggal 28-29 Oktober 2023, berlangsung di gedung utama GOR (gelanggang olahraga) Tawangalun, Kecamatan Giri, Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam festival ini, terdapat 32 unit marching band yang ikut serta, dengan total 1.321 orang personel. Peserta berasal dari wilayah tapal kuda, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Jember, dan Kabupaten Probolinggo di provinsi Jawa Timur. Mereka merupakan perwakilan dari klasemen sekolah taman kanak-kanak (TK), SMP/MTs, SMA/MA, hingga klasemen umum.

Acara pembukaan IMF diadakan di depan Mapolsek Giri dengan dihadiri oleh beberapa pejabat, antara lain Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Abdul Aziz Hamidi, Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Banyuwangi,  KONI Banyuwangi, I Wayan Redita, dan jajaran pengurus PDBI Banyuwangi. Pembukaan acara ini dimeriahkan dengan unjuk gelar skill kontes dan parade street. Sedangkan pada hari kedua, dilangsungkan lomba unjuk gelar skill kontes.

Ketua panitia IMF ke-1 Banyuwangi, Indra Agusti Wijaya, menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya lomba ini adalah untuk membuka akses marching band di Kabupaten Banyuwangi.

“Kami ingin mengedukasi para peserta, pembina, pelatih, dan semua insan pecinta drumband secara berjenjang, sehingga di masa depan ini bisa menjadi agenda rutin setiap tahunnya,” ujarnya, pada Sabtu (28/10/2023) siang.

Ijen Marching Festival ini dapat terselenggara berkat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, serta instansi Dinas terkait, seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, KONI, dan instansi lainnya. Indra berharap agar dukungan tersebut dapat maksimal untuk mempermudah pengurusan, perijinan, dan pengamanan acara ini. Namun, ia juga menjelaskan bahwa acara ini memerlukan anggaran yang besar, sehingga diharapkan mendapat dukungan penuh untuk mengatasi kebutuhan anggaran kedepannya.

Ijen Marching Festival Ke-1 tahun 2023 berhasil menjadi ajang yang menarik perhatian masyarakat di se-Wilayah Tapal Kuda Jawa Timur. Terbukti antusiasme masyatakat Banyuwangi yang menyaksikan sangat besar pada hari pertama, disaat para peserra melakukan parade street.

Pewarta: MJ34/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *