Dinas Perikanan dan Lurah Sobo Berikan Pembinaan Pada kelompok Pokmaswas Pawon Jaya Sobo

Daerah400 Dilihat

Banyuwangi,- pembinaan terus di laksanakan oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi bahwa Pokwasmas adalah kelembagaan ditingkat masyarakat yg ada di pantai yang anggotanya terdiri dari masyarakat setempat yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak, “perlindungan sumber daya pesisir yg terancam abrasi dan bersih dari sampah laut”.

Kamis 19 oktober bertempat di seketariat pokmaswas Pawon jaya diadakannya rapat kelompok dan pembinaan yang di hadiri dinas perikanan,lurah sobo dan anggota Pokwasmas Pawon jaya.

Kepala dinas perikanan kabupaten Banyuwangi melalui Kabid tangkap ikan hasil laut Anang mengatakan,”Penanaman vegetasi dan menjadikan pesisir sebagai kawasan konservasi sebagai upaya perlindungan dari abrasi dan juga agar bermanfaat mengembalikan keanekaragaman flora fauna seperti penyu, burung migrain dll, mencegah penangkapan dengan potassium dan pengamanan perahu mesin nelayan di pantai. Kedepannya pantai ini menjadi bisa menjadi alternatif wisata edukasi merupakan tugas pokmaswas Pawon jaya untuk mewujudkan, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar bisa tercapai,”tuturnya.

Selain itu juga mengharapkan dukungan dan peran serta masyarakat dalam meningkatkan pemahaman dan menjaga kekompakan yang sudah dilakukan teman-teman Pokmaswas Pawon jaya.

“Serta meningkatkan kapasitas dan peran aktif Pokmaswas dalam pengawasan didaerahnya pada sektor pantai khususnya mengembangkan potensi pantainya yang ada di daerah secara inovatif,” terangnya.

Melalui pembinaan, lurah sobo Yudi Setiawan berharap nantinya dapat membawa ilmu terkait penguatan kelembagaan Pokmaswas di daerah, dengan tetap bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan wisata pantai.

Selain itu,”Harapanya agar supaya berhasil dengan berbagai cara agar dapat mempromosikan potensi pantai Wonosari sobo tersebut secara digitalisasi, dan dapat terwujud suatu pantai yang Bersih, Indah, Sehat, dan Aman,” pungkasnya.

Pewarta: fian/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *