Beni Caleg PSI Penggerak Sukses Panen Padi Organik, Inisiator Aksi Lakukan Perubahan

Politik204 Dilihat

Bondowoso,- Satu Aksi Melakukan Perubahan, Beni Caleg PSI Penggerak Sukses Panen Padi Organik berinisiatif bersama Biro Pemberdayaan Desa JPKP Nasional Bondowoso dengan membentuk TPPD (Tim Penggerak Pemberdayaan Desa) berkontribusi peduli untuk petani yang kesulitan mendapatkan pupuk subsidi.

Kontribusi Beni Caleg PSI Dapil 1 No 5 Bondowoso lakukan satu aksi perubahan bergerak di aspek pertanian Sukses Panen Padi Organik di Tangsil Wetan, Wonosari, Bondowoso memberikan hasil yang bagus. Hal itu dapat dilihat dari panen perdana beras organik di lahan yang diproses dengan full pupuk organik yang diharapkan sebagai alternatif utama menggantikan pupuk subsidi yang sangat sulit didapatkan oleh petani saat ini. Turut hadir dalam panen perdana itu Ageng, Biro Pemberdayaan Desa Pertanian JPKPN Bondowoso dan Arief Tirta, Mitra Tani JPKPN Bondowoso dan tokoh masyarakat Tangsil Wetan.

Beberapa bulan sebelumnya, sederet tim pupuk organik beserta JPKP Nasional dan Benediktus, Caleg PSI Dapil 1 No 5 Bondowoso dan tokoh setempat melakukan satu aksi atas inisiasi Beni melakukan penanaman padi full organik.

Kemudian pada bulan ini, hasil dari penanaman tersebut akhrinya berhasil sukses dipanen. Adapun kontribusi dan bimbingan ini merupakan bagian dari program Biro Pemberdayaan Desa JPKPN Bondowoso yang disebut dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Desa (TPPD). Upaya TPPD untuk turut serta mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), termasuk menjaga kelestarian lingkungan waduk sumber rejeki yang dengan kesadaran tinggi dikelola oleh Pokmas Bondowoso Lake yang dinaungi oleh UPTD Pengairan Wonosari dan JPKPN Bondowoso di Tangsil Wetan.

Beni mengatakan bahwa TPPD mendampingi para petani yang menggunakan produk pupuk cair organik YGO, proses pengolahan tanah, pengelolaan air dan lain sebagainya. Menurutnya, hasil baik ini menjadi bukti kerjasama yang apik antara Beni sebagai Inisiator bersama TPPD dan tokoh masyarakat Tangsil Wetan serta , mitra petani di Desa Tangsil Wetan.

Apalagi didukung dengan adanya waduk yang cukup mampu mengairi pertanian yang ada di lokasi.

Sementara, hal serupa juga disampaikan Ketua JPKPN Jatim, Drs Hakim Abdul Kadir yang didampingi Sekretaris JPKPN, Mohammad Agam Hafidiyanto,SH pihaknya mengapresiasi inisiasi Beni selaku penggerak sukses padi organik melalui bimbingan dan arahan dari TPPD yang dibentuk JPKPN Bondowoso terkait pertanian full organik dan mitra tani yang mengaplikasikan dengan baik di Desa Tangsil Wetan, menurutnya, hasil yang didapat cukup menggembirakan sesuai dengan harapan bahkan melebihi ekspektasi. Beni sendiri mengaku, ini adalah uji coba mengaplikasikan pupuk dengan sistem full organik dari awal dan ujicoba ini dilakukan di beberapa titik untuk tanaman padi serta beberapa jenis tanaman yang biasa ditanam oleh petani seperti cabe, jagung dan tanaman horti.

“Kerja keras semua pihak terbayar lunas dengan hasil yang menggembirakan ini. Ke depan, kita bisa terus meningkatkan roda ekonomi dengan lebih baik lagi. Mulai dari hulu ke hilir dan dari desa ke kota sehingga perputaran ekonomi berdampak pada perdagangan khususnya para UMKM,” pungkas Beni mengakhiri.

Pewarta: Agm/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *