Apel Bersama, Kapolres Aceh Barat Berikan Arahan Kepada Polisi RW

TNI/Polri174 Dilihat

Aceh Barat, Metrozone.net – Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana S.I.K., M.H, memimpin Apel Bersama dan arahan kepada Polisi RW / Dusun bertempat di lapangan Apel Mapolres Aceh Barat, Kamis(12/10/2023) pukul 08.30 wib.

Apel tersebut diikuti oleh Wakapolres, Para PJU –Polres Aceh Barat, Kapolsek Jajaran , Perwira staf, Babinsa Koramil jajaran, Personel Polres Aceh Barat serta seluruh Polisi RW/Dusun.

Kapolres Aceh Barat menyampaikan, Saat ini Indonesia dihadapkan pada situasi yang cukup dinamis dan fluktuatif seiring dekatnya agenda Pemilu dan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

“Dalam berbagai hal, dinamika kehidupan masyarakat diwilayah hukum Polres Aceh Barat sangat mempengaruhi situasi Nasional,”Pungkas Kapolres.

“Aceh dikenal sebagai Miniatur Indonesia dengan karakter demografis Masyarakat yang sangat Heterogen, keanekaragaman ini adakalanya mewarnai situasi Kamtibmas di wilayah, seperti munculnya tindak kekerasan, Kejahatan jalanan, KDRT, penyakit Masyarakat dan Sosial maupun kasus kriminalitas lainnya.

Atas fenomena itulah, pada hari ini Kapolres mengapresiasi program Polisi RW yang diluncurkan Polri, sebagai salah satu Strategi untuk menekan dan mengantisipasi timbulnya gangguan kamtibmas, seiring upaya menciptakan kondusifitas Masyarakat.

Polisi RW harus bermitra dengan unsur masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan unsur Pemerintah daerah untuk berkolaborasi mencari solusi permasalahan gangguan Kamtibmas, meningkatkan kesadaran hukum,  dan memperkuat kepedulian masyarakat terhadap keamanan bersama.

Dalam menjalankan tugas Polisi RW hendaknya selalu mengedepankan kearifan lokal, karena setiap entitas memiliki tata cara dan aturan yang harus dihormati, selaras dengan pepatah ” Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung,” pintanya

Lanjutnya,” melalui  pendekatan polisi RW  tersebut,  diharapkan tercipta daya tangkap dan daya cegah terhadap potensi gangguan keamanan, serta mampu menjadi problem solving di lingkungan masyarakat.

Kapolres mengajak semua pihak untuk mendukung berjalannya program ini, semoga kedepannya ruang silaturahmi antara Polri dan seluruh elemen Masyarakat semakin Solid,” ujar Kapolres dalam amanatnya.

” melalui pendekatan polisi RW  tersebut, diharapkan tercipta daya tangkap dan daya cegah terhadap potensi gangguan keamanan, serta mampu menjadi problem solving di lingkungan masyarakat,”tutup Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana S.I.K., M.H.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *