Aceh Barat Raih Juara Harapan 1 PKA ke-8 Tahun 2023 di Banda Aceh “Berikut Daftar Lengkap Juara”

Daerah383 Dilihat

BANDA ACEH – Kabupaten Aceh Barat meraih Juara Harapan 1 atau 4 besar dari 23 Kabupaten/kota yang ikut pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 tahun 2023 di Banda Aceh, sementara Juara Umum kembali di raih oleh Kabupaten Aceh Selatan yang dikenal dengan negeri rempah-rempah (Boh Pala). Pengumuman Pemenang ini disampaikan dewan juri pada acara penutupan Minggu, (12/11/2023) sore.

Acara megah ini menyatukan keberagaman dan kekayaan budaya Aceh dalam berbagai perlombaan yang meriahkan seluruh peserta dan penonton.

Pj. Bupati Kabupaten Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, menyampaikan rasa syukur atas pencapaian Kabupaten Aceh Barat yang berhasil masuk dalam 4 besar PKA ke-8 tahun ini.

“Alhamdulillah kita juga dapat juara, dan terimakasih kepada Panitia, rekan jurnalis, serta tim pengamanan yang sudah siap siaga sejak hari pertama sampai acara ini berakhir. Semoga PKA mendatang kita bisa lebih maksimal lagi,” ujarnya.

Kontingen Aceh Barat tampil cemerlang dengan membawa pulang sejumlah prestasi dalam berbagai jenis perlombaan di PKA ke-8 tahun ini.

Berikut beberapa prestasi yang membanggakan di ajang PKA ke-8 yang dimulai sejak tanggal 4 – 12 November 2023 :

Dalam perlombaannya Pameran Kuliner Tradisi, Kontingen Aceh Barat meraih Juara Peringkat V (lima), Peringkat I (satu) diraih oleh Kontingen Kabupaten Aceh Timur, Peringkat II (dua) Gayo Lues, Peringkat III (tiga) Kota Subulussalam dan Peringkat IV (empat) atau Juara Harapan I (satu) diraih oleh Kabupaten Bener Meuriah.

Dan Perlomba Baca Hikayat, Kontingen Kabupaten Aceh Barat meraih Juara II (dua) sedangka Juara I (satu) diraih oleh Kabupaten Aceh Besar, disusul Kabupaten Aceh Tamiang Juara III (tiga) serta Juara Harapan I (satu) dan II (dua) Kabupaten Aceh Barat Daya dan Kabupaten Aceh Utara.

Selain itu Kabupaten Aceh Barat juga mendapatkan Juara II (dua) dalam Lomba Pameran Ekonomi Rempah kalah saing dengan Kota Sabang yang membawa pulang piala Juara I (satu) dan Juara III (tiga) Aceh Selatan serta Juara Harapan I (satu) Aceh Tamiang dan Kabupaten Aceh Utara meraih Juara Harapan II (dua).

Berikut Sejumlah Perlombaan yang mendapat peringkat maupun Juara pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-8 Tahun 2023 di Kota Banda Aceh

Lomba Peuayon Aneuk :
– Peringkat I: Kabupaten Aceh Jaya
– Peringkat II: Kabupaten Pidie Jaya
– Peringkat III: Kabupaten Aceh Selatan
– Peringkat IV: Kabupaten Aceh Tenggara
– Peringkat V: Kabupaten Aceh Barat

Lomba Egrang (Geunteut) :
– Peringkat I: Kabupaten Simeuleu
– Peringkat II: Kabupaten Aceh Barat
– Peringkat III: Kabupaten Aceh Barat Daya
– Peringkat IV: Kabupaten Aceh Utara
– Peringkat V: Kabupaten Bireuen

Lomba Catoe Rimueng:
– Peringkat I: Kabupaten Aceh Besar
– Peringkat II: Kabupaten Bireuen
– Peringkat III: Kabupaten Aceh Tenggara
– Peringkat IV: Kabupaten Aceh Barat Daya
– Peringkat V: Kabupaten Aceh Barat

Lomba Stand Terbaik Pameran Kuliner :
– Peringkat I: Kabupaten Aceh Timur
– Peringkat II: Kabupaten Gayo Lues
– Peringkat III: Kota Subulussalam
– Peringkat IV: Kabupaten Bener Meuriah
– Peringkat V: Kabupaten Aceh Barat

Lomba Dayung Perahu :
– Peringkat I: Kabupaten Aceh Besar
– Peringkat II: Kabupaten Aceh Tengah
– Peringkat III: Kabupaten Langsa
– Peringkat IV: Kabupaten Nagan Raya
– Peringkat V: Kabupaten Aceh Barat

Pada perlombaan Perahu Hias Kabupaten Aceh Barat meraih Juara I (satu) yang disusul Peringkat ke II (dua) dari Kabupaten Nagan Raya, Peringkat III (tiga) Kabupaten Aceh Tenggara, Peringkat IV (empat) Kabupaten Aceh Besar dan Peringkat ke V (lima) di raih oleh Kota Banda Aceh.

Prestasi gemilang ini menandai keberhasilan dan kekayaan budaya yang dimiliki Aceh, serta semangat persaingan sehat antar-kabupaten yang memperkaya semangat kebangsaan. PKA ke-8 tahun 2023 tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga pesta rakyat yang memperkokoh persatuan dan kesatuan Aceh.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *