Pj Bupati Aceh Barat Terima Penghargaan di Istana Wapres

Nasional214 Dilihat

JAKARTA (Metrozone.net) – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi menerima penghargaan dalam acara Rakornas di Istana Wakil Presiden yang dipimpin langsung oleh Wapres Ma’ruf Amin, Kamis ( 9/11-2023)

Penghargaan yang diterima adalah dalam bentuk Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023, sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada pemerintah daerah.

Penghargaan itu sesuai dengan SK Menkeu RI Sri Mulyani nomor 350 tahun 2023. Sebelumnya ceremoni penghargaan juga telah dilakukan tanggal 3 Oktober 2023 lalu di Jakarta, yang saat itu diserahkan oleh Menkeu Sri Mulyani dan Mendagri Tito Karnavian.

Dalam SK Menkeu nomor 350 itu, Aceh Barat meraih Dana Insentif Fiskal melalui tiga katagori sekaligus, yaitu Katagori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Kinerja Penggunaan Produk dalam Negeri serta Percepatan Belanja Daerah.

“Alhamdulillah, kemarin, Pak Wapres khusus memberikan penghargaan untuk kategori Penghapusan Kemiskinan Ekstrem,” kata Mahdi.

Wapres Ma’ruf Amin dalam arahannya mengatakan, bahwa ini semua berkat kerja keras bersama seluruh pemangku kepentingan, yakni kerja aktif kepala daerah dalam penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Oleh karena itu sebagai apresiasi, Pemerintah memberikan penghargaan berupa intensif fiskal kinerja tahun berjalan. Dana intesif ini nantinya dapat dimaksimalkan untuk pengentasan kemiskinan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh rakyat,” kata Wapres.

Selain itu, ia selaku Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Wapres juga memaparkan pemerintah menargetkan nol persen penambahan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024, dalam jangka waktu yang tersisa satu tahun.

“Untuk itu perlu saya tekankan kepada kepala daerah dalam menyusun program dan kegiatan serta keberpihakan anggaran daerah untuk percepatan penghapusan kemiskinan. Saya minta konsistensi kepada kepala daerah itu terjaga,” ujarnya.

Di sisi lain, Pj Bupati Mahdi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat atas perhatian kepada Aceh Barat dalam mendukung program upaya penghapusan kemiskinan ekstrem tahun berjalan.

“Pencapaian ini dapat terwujud dengan kolaborasi dan kerjasama serta sama bekerja seluruh pemangku kepentingan di Aceh Barat. Saya dedikasikan penghargaan ini untuk semua elemen di Aceh Barat yang telah begitu konsisten dalam menjalankan program penanggulangan kemiskinan ekstrem di Aceh Barat,” pungkas Mahdi.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *