Direktur Eksekutif Yayasan FIELD Indonesia Kunjungi Food Estate Korem Dalam Rangka Program Udara Bersih Indonesia (UBI)

TNI/Polri226 Dilihat

Aceh Barat, Metrozone.net – Program Udara Bersih Indonesia (UBI), yang dikelola oleh Yayasan Field Indonesia, melaksanakan kunjungan ke Food Estate Teuku Umar Farm di Desa Ujong Tanoh Darat, Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (19/10).

Dalam kunjungannya, Direktur Field Indonesia, Heru Setyoko, didampingi oleh Kadis Pangan Kabupaten Aceh Barat, drh. Kamarlisnur, Publik Relations Field, Puji Sutrisno, Koordinator Field Aceh, Marzuki, dan Perwakilan Earth Chare Representative Indonesia, Ubat Romaidah. Rombongan disambut hangat oleh Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 012/TU, Mayor Inf Irfan Hade F, di lokasi Food Estate.

Direktur Field Indonesia, Heru Setyoko, mengatakan tujuan kunjungan ini adalah untuk mengamati secara langsung konversi lahan gambut menjadi lahan produktif, terintegrasi dan berkelanjutan. Selain itu, melihat pengelolaan lahan tanpa pembakaran dapat meningkatkan produksi di lahan Food Estate Korem 012/TU, untuk wawasan dan edukasi bagi Kader Udara Bersih.

Heru Setyoko, sangat mendukung upaya pemanfaatan lahan gambut yang tidak produktif menjadi lahan pertanian tanpa pembakaran, dengan menjaga kelestarian air melalui teknik Canal Blocking System. Beliau juga mengungkapkan kekagumannya terhadap budidaya ikan lele, nila dan gurami di lokasi parit sepanjang lahan Food Estate.

Ubat Romaidah, Perwakilan Earth Chare Representative Indonesia, membagikan informasi tentang teknik budidaya yang telah berhasil dikembangkan di 10 provinsi di Indonesia. Mereka menggunakan limbah pertanian sebagai mulsa alami untuk menghambat pertumbuhan gulma dan menjaga kesuburan lahan tanpa perlu olah tanah berulang.

Sementara itu secara terpisah, Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Riyanto, S.I.P, yang sedang melakukan penutupan kegiatan TMMD ke-118 di wilayah Kodim 0118 Subulussalam, disela sela kegiatan menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa ikut dalam kegiatan ini. Namun, ia menegaskan sesuai komunikasi sebelumnya, pihak Field Indonesia akan mengundang secara online untuk diskusi selanjutnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar dalam menjaga keselamatan bumi dan kesehatan manusia di masa depan, pesan Danrem 012/TU.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *