Dandim 0116/Nagan Raya dan Forkopimda Laksanakan Panen Perdana Jagung Program Pangdam IM

TNI/Polri275 Dilihat

Nagan Raya (Aceh), Metrozone.net – Guna mendukung Program Pangdam IM yaitu IM Jagong dan Program Pemerintah dalam ketahanan pangan Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H dan Forkopimda melaksanakan panen raya jagung yang bertempat di Desa Alue Bili Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya, Senin (16/10/2023).

Kegiatan Panen raya jagung yang dipimpin langsung oleh Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H. dan di ikuti oleh seluruh Forkopimda Nagan Raya ini merupakan bentuk dukungan nyata TNI guna mendukung pemerintah dalam rangka menjaga ketahanan pangan, mulai dari tingkat pusat hingga wilayah.

Komandan Kodim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Nagan Raya dan mengimplementasikan program Pangdam Iskandar Muda yaitu IM Jagong untuk mengoptimalisasikan lahan tidur agar bisa dimanfaatkan menjadi lahan yang efektif dan berdaya guna, sehingga dapat membantu pengendalian Inflasi Nasional.

Dandim 0116/Nagan Raya menyampaikan keberhasilan panen jagung ini sangat luar biasa karena dalam satu tangkai jagung bisa berbuah 2 tongkol sehingga dalam 1 Hektar bisa menghasilkan 12 ton Jagung yang sekarang panen di Desa Alue Bili Kecamatan Darul Makmur ucap Dandim.

“Memberdayakan tanaman cepat panen dan bernilai ekonomis merupakan salah satu solusi untuk menyukseskan ketahanan pangan di daerah untuk memajukan pertanian masyarakat,”ujar Dandim.

Dikatakan Dandim, bahwa kegiatan ketahanan pangan merupakan program TNI AD dan Pandam Iskandar Muda yaitu IM Jagong selain membantu pemerintah dalam pengendalian inflasi juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada menjadi berdayaguna untuk membantu kesejahteraan petani.

Selain pemanfaatan lahan tidur dengan tanaman pangan seperti jagung dan padi, Kodim bersama KP2MN juga akan mempelopori pemanfaatan lahan tidur yang ada dengan menanam padi, tanaman Cabai, sayuran yang semuanya untuk membantu kesejahteraan masyarakat”terang Dandim.

Terimakasih Dandim kepada seluruh Babinsa dan elemen masyarakat yang mendukung dalam penanaman jagung hingga panen karena kedepan Kodam IM akan menanam jagung hingga mencapai 3.000 hektar di seluruh Aceh ucap Dandim.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *