Disdukcapil Aceh Barat Implementasi Inovasi Gerakan Gampong Tertib Adminduk, Perekaman KTP Sampai ke Desa-desa

Daerah295 Dilihat

MEULABOH – Dalam langkah signifikan menuju pelayanan publik yang lebih inklusif, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah meluncurkan inisiatif yang mengejutkan – perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) sampai ke jantung desa-desa. Gerakan Gampong Tertib Adminduk menjadi tonggak penting dalam memastikan setiap warga memiliki identitas kependudukan yang valid dengan Inovasi RAKAN GATA (Gerakan Gampong Tertib Adminduk)* yang dicanangkan oleh Disdukcapil Aceh Barat.

Penjabat Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi mengatakan, dirinya sudah menginstruksikan Disdukcapil dengan tekun memimpin upaya untuk memastikan bahwa inovasi yang telah dirancang tidak hanya menjadi sebuah konsep, tetapi benar-benar dapat diterapkan dengan sukses.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang mudah dijangkau bagi semua lapisan masyarakat. Ini bukan hanya tentang mencetak KTP, tetapi juga tentang memastikan setiap warga memiliki akses ke identitas kependudukan yang sah,” ujarnya disela kegiatan tersebut di komplek masjid Mugo Rayeuk Panton Reu, Sabtu ( 18/11/2023)

Melalui langkah progresif ini, kata Mahdi, perekaman KTP langsung ke desa-desa diharapkan tidak hanya mengurangi beban administratif bagi warga, tetapi juga mempercepat proses pengurusan dokumen penting ini. “Ini merupakan terobosan yang menandai komitmen Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk memperluas aksesibilitas layanan publik yang berkualitas untuk seluruh masyarakat sebagai upaya nyata untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan”. terangnya.

Sebuah momen bersejarah terjadi ketika Mahdi bersama sejumlah rekannya seangkatan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) turut menyaksikan proses perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) serta dokumen penting lainnya di lokasi Perekaman KTP-El, Pembuatan Akta Pencatatan Sipil (Pembuatan KIA), dan Aktivasi Identitas Kependudukan (IKD).

Kehadiran mereka dalam proses ini menjadi bukti nyata komitmen generasi muda dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap layanan administrasi kependudukan. Mahdi, yang menjadi perwakilan dari kelompok tersebut, menyatakan, “Kami sangat mengapresiasi langkah ini dan percaya bahwa akses mudah terhadap dokumen identitas sangat penting bagi setiap warga negara.”

Kehadiran Mahdi dan rekannya dalam acara ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara generasi muda dan pemerintah dalam memajukan layanan administrasi publik. Aksi ini juga menjadi inspirasi bagi generasi penerus untuk turut aktif dalam upaya pembaruan dan modernisasi layanan publik di masa depan.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *