Babinsa Koramil 04/Meureubo Dampingi Petani Sweeping Hama Sekaligus Cek Buah Padi Yang Mulai Menguning

TNI/Polri23 Dilihat

Aceh Barat (Metrozone.net) – Pastikan bulir buah Padi berkualitas dan terbebas dari serangan hama, Babinsa Koramil 04/MRB Kodim 0105/Abar Serda Dadang Fariza dampingi Petani melaksanakan sweeping langsung berkeliling ke Sawah yang berlokasi di Desa Paya Peunaga Kecamatan Meureubo, Jum’at (1/3/2024)

Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa ini semata – mata sebagai upaya konkrit untuk meningkatkan taraf kesejahteraan Petani sekaligus mendukung program dari Pemerintah di bidang Swasembada Pangan khususnya sektor Pertanian.

Di lapangan, peran serta Babinsa ini sebagai motivator ataupun mesin motor penggerak agar para Petani yang berada diwilayah binaannya akan terus lebih bersemangat dalam merawat sekaligus menjaga tanamannya.

Terlebih lagi apabila tanaman memasuki fase pembuahan (mengandung) sampai menguning, maka harus intens memberikan perhatian jangan sampai diserang hama. Dengan demikian, apabila terjadi kendala atau ada hama yang menyerang maka sedini mungkin bisa di atasi sehingga bulir – bulir buah Padi tetap terjaga kualitasnya.

Pantauan di lokasi, tampak Babinsa dan Petani memastikan pertumbuhan tanaman dengan mengecek Sawah petak demi petak sembari menyusuri Pematang. Setelah melakukan pengecekan, baik buah ataupun tanaman terdeteksi masih dalam taraf sangat baik dan subur serta kalkulasinya masih sesuai dengan yang diharapkan.

Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution melalui Danramil 04/Meureubo Kapten Inf Andika Trio Utama, S.H., mengatakan bahwa pendampingan sekaligus pengecekan yang dilakukan oleh Babinsa bersama Petani semacam ini sangatlah penting guna mengetahui perkembangan dan kondisi tanaman secara rill.

“Harapannya, dengan metode monitoring yang dilakukan turun langsung ke lapangan ini nantinya akan dapat menghasilkan produktivitas Padi yang berkualitas dan hasilnyapun melimpah. Yang mana hal ini akan bermuara untuk mensejahterakan serta memakmurkan Petani itu sendiri”, tutur Danramil

Selain menggunakan mekanisme secara Door To Door, lanjut Danramil, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya serangan hama maka Babinsa dan Petani juga berencana akan membuat Orang – Orangan Sawah dan Tali pengikat antara tanaman Padi yang manfaatnya sebagai media pengusir hama.

“Dalam kesempatan ini juga, Kami menghimbau para Petani agar benar – benar merawat dan menjaga lahan Pertaniannya. Baik mulai dari membersihkan hama rumput hingga memberikan Pupuk sesuai dosis yang dibutuhkan. Jika ada kendala, sesegera mungkin koordinasikan dengan Babinsa”, pesan Danramil

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *