BPS Nagan Raya Gelar FGD Penyusunan Publikasi Kabupaten Nagan Raya Dalam Angka Tahun 2024

Daerah248 Dilihat

Suka Makmue (Metrozone.net) – Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ali Munir, S.E., Ak., M.M. membuka Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Kabupaten Nagan Raya dalam Angka Tahun 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nagan Raya itu, berlangsung di Aula Hotel Grand Nagan, Simpang Peut, Kecamatan Kuala, kabupaten setempat, Selasa, (06/02/2024).

Dalam sambutannya, Ali Munir mengatakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan suatu pembangunan dapat dilihat dari kondisi data dalam angka, karena data sangat diperlukan sebagai acuan dalam pengambilan suatu kebijakan guna mencapai tujuan pembangunan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu penyusunan data dalam angka harus berkualitas karna memiliki peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan sehingga kebijakan yang diambil tepat sasaran,” kata Ali Munir.

Menurut Ali Munir, statistik merupakan potret kondisi masyarakat yang dituangkan dalam bentuk data yang mampu memberikan daya dukung terhadap percepatan pembangunan di daerah.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi semangat dalam mengoptimalkan ketersediaan data dan peluang-peluang sinergi serta sasaran pembangunan yang tepat,” harap Ali Munir.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Nagan Raya, Sardi, S.E., M.Si dalam laporannya
menyampaikan peran BPS sebagai pembina statistik sektoral yang sumber datanya berasal dari perangkat daerah dan instansi vertikal.

“Kepada kepala perangkat daerah dan juga instansi vertikal agar melaporkan data bukti dukung karena data itu akan menjadi capaian atau tolak ukur keberhasilan dalam membangun Nagan Raya,” ungkap Sardi.

Kegiatan FGD dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo Kabupaten Nagan Raya, Farijal, M.Pd dan Pranata Komputer Ahli Pertama dari BPS Kabupaten Nagan Raya, M. Hafid Nasution, S.Tr.Stat. yang dipandu oleh moderator, Akhyarul Kamal, A.Md. Stat. serta diskusi bersama.

Sebagai informasi, dalam acara FGD itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada satuan kerja yang telah berdedikasi tinggi dan tepat waktu dalam pengumpulan data sektoral yaitu BMKG Stasiun Meteorologi Penerbangan Cut Nyak Dien Meulaboh – Nagan Raya, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Nagan Raya, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nagan Raya, Nila Kasma, S.H., Kepala Dinas Kesehatan, Hj. Siti Zaidar, S.ST, M.K.M., para peserta dari unsur perangkat daerah dan instansi vertikal serta undangan lainnya.

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *