Dandim 0105/Abar Dampingi Danrem 012/TU Resmikan Sumur Bor Di Meunasah Rambut Program TNI AD Manunggal Air

TNI/Polri225 Dilihat

Aceh Barat (Metrozone.net) – Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution bersama unsur Forkopimda lainnya mendampingi Danrem 012/TU Kolonel Inf Deni Gunawan meresmikan Sumur Bor Program TNI AD Manunggal Air yang secara virtual dilounching oleh Bapak KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bertempat di Desa Meunasah Rambut Kecamatan Kaway XVI, Selasa (6/2/2024)

Adapun unsur Forkopimda yang tampak hadir diantaranya Pj. Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi, Wakapolres Kompol Iswahyudi, Pimpinan Perusahaan/Stakeholder, para Kasi Jajaran Korem 012/TU, para Pasi/Danramil – Danposramil Jajaran Kodim 0105/Abar, Ibu – Ibu Persit, para Camat/Keuchik/Tokoh hingga masyarakat Desa setempat.

Dari balik layar, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang terhubung secara online melalui via Video Conference seluruh Indonesia mengatakan bahwa dari Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara ini menjadi titik awal mengajak seluruh unsur Forkopimda dan para Donatur seluruh Indonesia untuk berkolaborasi mewujudkan air bersih melalui Program TNI AD Manunggal Air yang telah digagasnya selama ini. Pasalnya, lanjut KSAD, hingga detik ini masih banyak masyarakat yang sangat memerlukan air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari – hari.

“Berdasarkan hal tersebut, setelah lounching ini gerakan manunggal air akan lebih Kita masifkan lagi ke depannya. Mari Kita bekerjasama, berkolaborasi dan bersinergi semua unsur sehingga bisa Kita targetkan kedepannya 1.500 hingga 2000 titik. Sedangkan untuk hari ini yang Kita resmikan sebanyak 1.898 titik tersebar seluruh Indonesia dari Aceh sampai Merauke”, terang KSAD

Pati Bintang Empat tersebut menjabarkan bahwa manfaat dari Sumur Bor ini sangatlah fundamental yakni bisa mencegah stunting, mengatasi kemiskinan, meningkatkan hasil Pertanian dan Peternakan.

“Program ini semoga bisa menjadi sanitasi agar muaranya bisa memutar roda perekonomian masyarakat menjadi lebih baik lagi. Karena, air bersih sangatlah identik dengan kemiskinan hingga masalah stunting. Untuk itu, Sumur Bor maupun Pompa Hidrolik yang sudah ada ini mari sama – sama Kita jaga, rawat serta pelihara dengan baik agar awet dan tahan lama sehingga bisa dimanfaatkan dalam kurun waktu yang relatif panjang”, gamblang KSAD

Rangkaian kegiatan lounching ini ditandai dengan Penandatanganan Prasasti, menekan tombol sirine dan penanaman Pohon yang dilakukan oleh KSAD.

Usai acara seremonial tersebut, Danrem 012/TU Kolonel Inf Deni Gunawan dari titik di Meunasah Rambot menambahkan bahwa Program Manunggal Air ini sangatlah penting, terlebih lagi bagi masyarakat Barat Selatan terutama yang berada di daerah tandus.

“Ini merupakan cerminan komitmen TNI AD untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Untuk di wilayah Barsela rencana akan di buat di 30 titik dan saat ini sudah ada 4 titik yang telah terealisasi. Kami berharap dukungan dari semua stakeholder untuk bersama – sama “Ringan Tangan” guna mengatasi masalah air bersih ini dan Kita getok tularkan kepada yang lain. Seperti pesan Bapak KSAD tadi, mari Kita jaga agar fasilitas air bersih ini tahan lama. Terimakasih kepada semua unsur yang telah mendukung program air bersih ini khususnya di wilayah Korem 012/TU”, pungkas Danrem

(Almanudar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *