Penguatan Tugas dan Fungsi: Kadivpas Ingatkan Pentingnya 3+1 Kunci Pemasyarakatan

Berita83 Dilihat

Pangkalpinang – Jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang di bawah Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung mendapatkan pengarahan dari Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kunrat Kasmiri, Rabu (11/09). Acara ini berlangsung di Ruang Gallery Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dan dihadiri oleh Kepala Lapas, Maman Herwaman, serta seluruh pejabat manajerial dan non-manajerial di lingkungan tersebut.

Dalam sambutannya, Kalapas Maman Herwaman menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi (tusi) pemasyarakatan. Ia juga melaporkan kondisi terkini di Lapas Narkotika Pangkalpinang.

“Saya berharap seluruh jajaran bisa menyimak dengan baik dan menerapkan arahan yang disampaikan oleh Bapak Kadivpas,” ujarnya.

Kadivpas Kunrat Kasmiri dalam arahannya menekankan bahwa keamanan dan ketertiban di lapas adalah tanggung jawab bersama. Ia mengingatkan pentingnya penerapan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas pemasyarakatan.

“Penggunaan teknologi informasi sangat diperlukan untuk mendukung pelaksanaan tugas, terutama dalam hal pengamanan dan pembinaan yang harus berjalan dengan baik,” kata Kunrat.

Ia juga menyoroti pentingnya keterkaitan antara program pembinaan dan kegiatan pengamanan agar pelaksanaan tugas berjalan optimal. Selain itu, jajaran lapas diharapkan untuk selalu menerapkan tiga pesan Menteri Hukum dan HAM, yakni kolaborasi, sinergi, dan integritas, guna mencapai kinerja yang lebih baik.

“Kita bekerja di lingkungan yang penuh risiko. Oleh karena itu, deteksi dini harus rutin dilakukan, pahami iklim dan kebiasaan warga binaan agar kita bisa memetakan kondisi keamanan di lapas,” tegas Kunrat.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya pelaksanaan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan struktur organisasi. Komunikasi dan koordinasi antar jajaran juga perlu diperkuat untuk menjaga kekompakan dalam memajukan organisasi.

“Jangan sampai ada kontribusi negatif yang mencoreng nama institusi. Mari bersama-sama membangun lapas ini agar lebih baik di masa depan,” pungkasnya.

Laporan: Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *