Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Inochi Dengan Dinas Pendidikan Gelar Lomba Cerdas Cermat Berbasis Quizziz

Daerah186 Dilihat

Banyuwangi,– Dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa di era digital saat ini, Lembaga Kursus dan Pelatihan inochi language house bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi menggelar Lomba Cerdas Cermat “Cerdas Berprestasi Batch I” tingkat SD/SMP sederajat Se-Kabupaten Banyuwangi yang bertempat di Aula Outdoor SMP Negeri 1 Banyuwangi dan digelar selama dua hari berturut-turut pada Sabtu dan Minggu. (28/1)

Kegiatan yang diikuti oleh beberapa sekolah di wilayah Banyuwangi ini begitu menyita perhatian para guru lantaran dirasa mampu membangkitkan motivasi belajar pada siswa.

Terlebih melihat sistem kompetisinya yang unik yakni mengkolaborasikan aplikasi Quizziz dengan bel cerdas cermat konvensional.
“Acara perdana ini tak hanya mengembangkan ilmu pengetahuan umum para siswa saja melainkan sebagai cara untuk menjawab tantangan di era digital saat ini, sehingga kami selaku penyelenggara berinovasi membuat sesuatu hal yang berbeda yaitu kompetisi dengan menggunakan Quizziz dan memaksimalkan penggunaan email akun belajar yang dicanangkan oleh pemerintah,” Sahut Pak Dimas selaku Ketua Tim Penyelenggara.

Lomba yang disponsori oleh Hotel Santika, Indibizz, Pijar, dan Cimory ini dilakukan selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu.

Total peserta yang berpartisipasi sebanyak 48 regu. Di hari pertama, terdapat babak penyisihan dan semifinal. Pada babak penyisihan terdiri atas 2 sesi lantaran jumlah regu yang banyak. Setiap sesi diambil 5 regu terbaik dengan nilai tertinggi untuk ditandingkan kembali pada babak semifinal. 10 tim terbaik akan berkompetisi kembali di babak final untuk memperebutkan 5 Juara.

Ada tiga kategori dalam kompetisi ini, yaitu pertanyaan wajib yang disajikan melalui aplikasi Quizziz, pertanyaan uraian, dan pertanyaan dengan sistem acak serta babak rebutan di final akhir. Peserta harus bunyikan bel bila akan menjawab. Keseruan begitu kentara saat melihat ekspresi 5 regu tidak sabar menjawab tiap pertanyaan yang dibacakan oleh MC. Bagi regu yang jawabannya benar akan diberi nilai 100 dan jika salah jawabannya dikurangi nilai 50.

Untuk Juara 1 dan 2 berhasil disabet oleh 2 regu dari SMPN 1 Banyuwangi selaku tuan rumah, Juara 3 dari SMP Kristen Aletheia, Harapan 1 dari SMPN 2 Cluring, dan Harapan 2 dari SMPN 2 Genteng. Semua peserta mendapatkan sertifikat. Sedangkan para juara mendapat Trophy, medali, sertifikat, hadiah menarik, dan khusus Juara 1 mendapat hadiah utama Voucher menginap gratis.

M. Sodiq selaku Ketua MKKS SMP dalam sambutannya “Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat, dapat di agendakan tahunan dan sangat berguna sekali karena siswa-siswi dapat berlatih dan meningkatkan kemampuan serta mental mereka. Akan lebih seru lagi sabutu dan minggu (3-4 Pebruari) giliran peserta SD/MI se kabupaten Banyuwangi. Tentu bagi yang belum daftar, masih ada kesempatan. Semoga kegiatan ini senantiasa memfasilitasi pendidikan di era digital saat ini dan menjadi awal dari kerja sama berikutnya. Terima kasih,“ pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *