Smuhero Water Station Program Merdeka Sampah dan Gerakan 3 M Tekan Sampah Plastik di Lingkungan Sekolah

Berita11 Dilihat

Banyuwangi,- SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi berinovasi dalam mengendalikan sampah plastik dengan meluncurkan “Smuhero Water Station”. Inovasi ini berupa tempat pengisian ulang air minum yang ditempatkan di lingkungan sekolah dan dapat diakses oleh seluruh civitas sekolah.

Kepala SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, Fahima Sholatin, S.Pd., M.Pd., menjelaskan bahwa “Smuhero Water Station” merupakan salah satu langkah dari program Merdeka Sampah dan gerakan 3M (mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang) di sekolah.

“Smuhero Water Station” diharapkan dapat membiasakan budaya positif membawa tumbler air dan mengurangi sampah plastik di sekolah.

“Kami ingin membentuk kebiasaan baru untuk meminimalkan sampah, dan semua warga sekolah perlu menyusun aturan khusus untuk mengendalikan sampah plastik,” ujar Fahima.

Program pengendalian sampah plastik di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi ini didampingi oleh Eco Bhinneka Muhammadiyah Banyuwangi.

Salah satu siswa SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, Ikbal Prasetyo, mengatakan bahwa “Water Station” sangat ramah lingkungan, mudah digunakan, dan dapat mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah.

“Kita bisa mengambil air kapan saja saat sekolah,” kata Ikbal. “Di water station ini ada dua pilihan air minum, panas dan dingin.”

Dengan adanya “Water Station”, diharapkan SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya mengurangi sampah plastik dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Editor: 5093N9

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *