Panwascam Sombaopu Lakukan Pencegahan Dan Saran Perbaikan Dalam Pengawasan Pantarlih Pilkada 2024

Daerah52 Dilihat

Gowa,- Kegiatan coklit yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), berdasarkan PKPU Nomor 7 tahun 2024 sebagai dasar penyusunan daftar pemilih ini dilaksanakan sejak tanggal 24 Juni 2024 hingga 24 Juli 2024. Dan alhamdulillah, sampai saat ini, Kamis (18/7/2024) secara umum, kegiatan coklit ini berjalan aman dan lancar, ujar Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas, Panwascam Sombaopu, Kabupaten Gowa. H. Irham, M.Si.

Lanjut, Pria yang akrab disapa Pak Irham ini dikalangan PKD juga menyampaikan bahwa dalam melakukan pengawasan tahapan ini, kami mendahulukan pencegahan dengan memberikan Imbauan baik secara lisan maupun tulisan kepada PPK dan jajarannya agar dalam pelaksanaan coklit ini mengacu kepada aturan yang berlaku, tegasnya.

Meski demikian, kami masih menemukan beberapa kesalahan prosedur yang dilakukan oleh Pantarlih dalam mencoklit, contoh kasus seperti: Kolom Informasi pada stiker coklit tidak lengkap, Pantarlih tidak memakai atribut saat mencoklit, ketidak patuhan Pantarlih dalam memasang stiker tanda telah coklit, serta tidak mengisi kolom disabilitas untuk pemilih disabilitas, dan ini hasil temuan hasil pengawasan langsung Panwascam dan PKD di Lapangan, Ungkapnya.

Salah satu upaya dan tindak lanjut yang kami lakukan selaku pengawas dalam hal ini Panwascam dan PKD telah memberikan saran perbaikan baik secara lisan maupun tulisan dengan harapan kesalahan tersebut segera diperbaiki dan tidak terulang lagi, harapnya.

Diketahui Jumlah Kelurahan yang ada di Kecamatan Sombaopu ini sekitar 14 Kelurahan dan memiliki 14 orang PKD yang bertugas melakukan pengawasan langsung.

Pewarta: Abu Algifari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *