IKATEK – USK Kukuhkan Kepengurusan 2023 – 2027 dan Bahas Strategi Peningkatan Lifting Migas Nasional

Daerah113 Dilihat

Banda Aceh, (Metrozone.net)  – Ikatan Alumni Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala (IKATEK-USK) Banda Aceh melaksanakan Rapat Kerja Awal tahun sekaligus pengukuhan kepengurusan Periode 2023 – 2027 di Hotel Hermes Palace Hotel, Sabtu (9/03/2024).

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, juga dilangsungkan sesi Engineering strategic talk yang menghadirkan Sr. Manager Operation Sabah International Petroleum FPSO Ratu Nusantara saudara Ir. M. Zulfiadi, ST, MT sebagai keynote speaker diskusi strategi percapaian target zero carbon dan peningkatan produksi lifting migas di fasilitas floating production lepas pantai.

Diskusi yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Nasrul A Rahman, ST, MT menyimpulkan beberapa point penting dalam upaya mendukung target Nasional zero emission dan target lifting minyak nasional 1 juta barrel (Bbls) per hari dan gas 12 Billion Cubic Feet per Day (BCFD) tahun 2030 diataranya dengan implementasi program Optimasi pemanfaatan flaring gas, pemanfaatan kembali panas pembakaran pada turbine atau boiler stack, dan artifial lift yang memanfaatkan gas carbon bertekanan tinggi untuk menaikkan tekanan sumur produksi migas.

Hadi Fauzi, ST, PhD, Ketua Umum IKATEK 2023-2027 mengatakan akan berupaya optimal menggerakan roda organisasi untuk dapat optimalisasi seluruh potensi alumni untuk melahirkan sinergitas dengan stakeholders dan Universitas Syiah Kuala, sehingga keberadaan IKATEK dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan Aceh dan Nasional.

Profil sebaran profesi alumni Teknik Kimia USK dari angkatan 1977 hingga 2019 yang berjumlah 2400 lulusan terbagi sebesar 52,4% sebagai pekerja Industri, 30,7% Pegawai Negeri Sipil, 8,9% Dosen dan Peneliti, sisanya 4,6% berprofesi sebagai interpreneur. Secara sebaran lokasi yang berada diluar Provinsi Aceh keberadaan Alumni Teknik Kimia USK paling banyak tersebar di Wilayah Jawa Barat – Jakarta – Banten (Jabajab), Diaspora Luar Negri, Sumatera bagian Utara dan Selatan, serta Pulau Jawa dan Indonesia Timur. Sehingga dengan kekuatan alumni yang besar tersebut kita bersyukur sebagian besar alumni saat ini memegang peranan penting di berbagai area bisnis industri Nasional, Kementerian Pemerintah Pusat dan BUMN.

“Sebelum agenda puncak pengukuhan Pengurus IKATEK-USK 2023 – 2027 tadi malam, turut berlangsung peluncuran transformasi logo organisasi dari sebelumnya ISATEK-USK menjadi IKATEK-USK yang resmikan oleh Prof, Dr. Ir. Yunardi, Prof Dr. Sri Aprilia, dan Direktur Pengembangan PT PEMA Edward Salim, ST, dilanjutkan dengan peluncuran Website IKATEK-USK dan e-Megazine Chemical Engineering oleh Prof. Dr. Ir. Izahrul Mahdar, serta ditutup dengan pengukuhan pengurus oleh Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan”, terang Hadi Fauzi. [*]

Pewarta : Almanudar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *