2000 Petugas Kampanye Siap Gelar Demonstrasi Terkait Penanganan Hukum

Daerah34 Dilihat

Pangkalpinang,- Ribuan petugas kampanye dan simpatisan yang tegabung dalam Organisasi Kemasyarakatan Pemuda(OKP) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se-Babel, akan menggelar Demontrasi di Kantor Polres Kabupaten Bangka, Senin (29/07/2024) mendatang.

Dikatakan Ahmad Rama Efrizal, Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah Perkumpulan Gerakan Kebangsaan, demo tersebut digelar terkait proses hukum Tim Gakkumdu Pemilu serentak 2024 bulan Februari lalu.

“Berdasarkan Surat Balasan Bawaslu Nomor 044/PP.00.02/Κ.ΒΒ- 01/07/2024, telah dilakukan upaya pemanggilan terhadap tersangka R dan DF, namun kedua orang tersebut tidak memenuhi panggilan Bawaslu Kabupaten Bangka padahal saat itu dalam proses penanganan oleh Gakkumdu,” ungkap Ahmad, Senin (22/07/2024).

Dengan mempertimbangkan azas kepastian Hukum, Lanjut Ahmad, terhadap kesimpulan penanganan tersebut, maka Bawaslu Kabupaten Bangka kembali mengirimkan surat pemanggilan ketiga kepada yang bersangkutan.

“Bawaslu Kabupaten Bangka kembali mengirimkan surat pemanggilan yang ketiga untuk dimintai keterangan atas dugaan perbuatan yang menyebabkan suara seorang Pemilih menjadi tidak bernilai dan menyebabkan Peserta Pemilu tertentu mendapat tambahan suara (penggelembungan-red) atas perolehan suara Peserta Pemilu menjadi berkurang (penggembosan-red),” terangnnya.

“Dugaan tersebut terjadi terhadap suara Calon Legislatif Dr. Andi Kusuma, dalam Pemilihan Legislatif Provinsi Bangka Belitung tahun 2024 yang telah dilaporkan kepada Bawaslu Kabupaten Bangka termuat dalam Surat Laporan No.001/LPP/GI/II/2024/BANGKA yang kemudian diteruskan dangan Surat Laporan Kedua No. 005/LP/GI/II/2024/BANGKA dan Surat Laporan Ketiga No. 010/LP/AK LAW/VI/2024/BANGKA, Serta berdasarkan hasil Pleno Bawaslu Kabupaten Bangka nomor: 054/RT.02/K.BB-01/06/2024 tanggal 24 Juni 2024,” jelasnya lagi.

Ahmad menegaskan, dengan tidak menindaklanjutinya perkara yang sudah jelas terpenuhi syarat formil dan materilnya, maka pihaknya akan menurunkan ribuan orang senin mendatang.

“Maka dari itu, kami yang tergabung dalam Dewan Pengurus Wilayah PGK Babel akan menggelar aksi demontrasi terkait kepastian hukum Tim Gakkumdu dalam menindak kasus tidak pidana Pemilu tersebut,” tegas Ahmad.

“Ada sekitar 2000 petugas kampanye serta simpatisan dari golongan OKP dan LSM se-Babel yang akan turun nantinya menuntuk kepastian hukum yang hingga saat ini belum ada titik terangnya,” pungkasnya.

Pewarta: Team/red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *